TOKYO – AS dan Jepang Selasa (6/12) lalu telah mengumumkan bahwa Washington akan memberikan kembali kepada pemerintah Jepang hampir 10.000 hektare tanah di Okinawa yang digunakan Marinir AS untuk latihan perang hutan.

Pengembalian ini, akan selesai pada 22 Desember, telah dalam pengerjaan selama 20 tahun dan merupakan yang terbesar oleh pasukan AS di Jepang sejak AS mengembalikan kontrol atas Okinawa pada tahun 1972.

Carter mengumumkan rencana tersebut pada saat kemunculannya bersama dengan Perdana Menteri Shinzo Abe, yang juga menyebutkan rencananya yang telah diumumkan sebelumnya untuk mengunjungi Pearl Harbor di Hawaii pada akhir Desember untuk menandai ulang tahun ke-75 serangan Jepang.

Berbicara melalui seorang penerjemah, Abe mengatakan kunjungannya ke Pearl Harbor dimaksudkan untuk memberikan sebuah pesan, “Kita seharusnya tidak pernah lagi mengulangi kehancuran karena peperangan.” Carter menyebut kunjungan itu sebagai tanda bahwa kedua negara “komitmen untuk perdamaian dan juga untuk rekonsiliasi”. (ran)

Share

Video Popular