Saat mengonsumsi buah alpukat kita akan selalu mencampakan bijinya, padahal itu merupakan bagian yang paling bergizi. Menurut sebuah penelitian, biji alpukat mengandung senyawa antioksidan fenol yang membantu dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, mencegah diabetes, meningkatkan kekebalan, mengurangi kondisi peradangan, dan sebagainya.

Pada zaman kuno, biji alpukat digunakan untuk mengobati bisul lambung, disentri dan masalah pencernaan lainnya. Serat yang ditemukan dalam biji alpukat baik untuk sistem pencernaan.

Satu biji alpukat dikatakan mengandung lebih banyak serat larut per ounce dibandingkan sayuran lainnya. Menurut penelitian, ekstrak biji alpukat memiliki efek pada sel-sel leukemia. Hal ini juga mengandung flavonol, sebuah fitokimia yang cukup kuat untuk mengurangi pertumbuhan tumor.

Berikut adalah manfaat kesehatan dari biji alpukat dan resep.

Antioksidan

Menurut hasil penelitian, biji alpukat mengandung 70% antioksidan fenolik yang ditemukan di seluruh buah alpukat. Antioksidan ini membantu dalam mengurangi kadar kolesterol. Konsumsi secara teratur buah ini akan terbukti khasiatnya.

Baik untuk jantung

Sifat anti-inflamasi dari biji alpukat akan membantu mencegah pembentukan plak di arteri dan mengurangi risiko stroke dan serangan jantung.

Meredakan radang sendi

Bermanfaat bagi orang yang penderita arthritis ( radang sendi), karena dapat membantu mengurangi nyeri sendi. Diperkaya dengan sifat antijamur yang dapat mengurangi risiko berbagai radang dan kanker.

Meningkatkan pencernaan

Membantu dalam memerangi berbagai masalah pencernaan seperti disentri, bisul dan kanker.

Kaya serat larut

Kaya serat larut dan mengandung lebih dari apa yang ditemukan dalam sayuran lainnya. Kandungan serat larutnya membantu mengurangi kadar kolesterol dan tekanan darah.

Resep 

Bahan:

½ biji alpukat
4 buah apel kecil
1 buah pisang
2 buah lemon
1 cangkir bayam
1 ikat daun seledri i

Cara membuat:

1/2 biji apulkat tempatkan dalam blender, haluskan.
Tambahkan semua bahan lainnya dengan bubuk biji alpukat.
Blender hingga menjadi halus.
Saring sebelum dikonsumsi.
Akhirnya, Anda akan mendapatkan minuman manis dan asam yang kaya akan antioksidan.(Anai)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular