Mandi shower atau mandi berendam mana yang lebih baik, ini adalah topik yang menarik. Beberapa orang pendukung keras mandi shower setiap hari, sementara yang lain merasa bahwa “hanya orang gemuk yang mandi berendam.” Beberapa orang yang hidup dengan beberapa teman sekamar tidak bisa menerima mandi berendam, tetapi ada juga orang merasa berendam di bak mandi air panas perasaan nikmatnya tidak ada yang dapat menandingi.

Untuk mengatasi semua “isu yang beredar,” media AS, “Huffington Post” baru-baru berkonsultasi dengan sejumlah pakar, di sini adalah kesimpulan mereka.

Pertama, mana yang lebih baik untuk kulit?
Pemenang: Shower

Menurut dermatologis, mandi shower mungkin lebih bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Juru bicara Lauren Ploch dari American Academy of Dermatology menjawab: “Meskipun keduanya cocok untuk pembersihan, tetapi untuk waktu yang lama berbaring di bak mandi dapat menyebabkan kulit kering.”

Ploch juga mengingatkan untuk tidak mandi di sumber air panas, bisa memicu penyakit folikulitis: Pada titik ini, bakteri merangsang folikel rambut, akan menyebabkan ruam merah, gatal. “Saya sarankan ketika meninggalkan (sumber air panas) terlebih dahulu mandi dengan sabun dan siram bersih dengan air untuk mencegah situasi ini.” Jika Anda memiliki eksim, untuk melindungi kulit, baik mandi shower atau berendam, sebaiknya tidak lebih dari 10 menit.

Kedua, mana yang lebih bersih?
Pemenang: imbang

Kecuali Anda benar-benar seluruh tubuh berlumpur, mandi berendam tidak bisa lebih bersih dari mandi shower. Dokter tidak peduli cara mandi apa yang Anda pilih, tetapi seberapa lama Anda mandi.

“Kita tidak bisa mengatakan mandi untuk waktu lama maka akan bersih, bahkan mandi terlalu lama akan membuat kulit menjadi kering.” Prof.Emma Guttman-Yassky Deputi Direktur Departemen Kedokteran Icahn Pico Mount Sinai Medical Center mengatakan. Emma Guttman-Yassky juga meganjurkan setelah berendam sebaiknya siram dengan air pancuran, untuk memastikan bahwa tubuh tidak ada sabun yang tertinggal.

Ketiga, Jenis mandi apa yang lebih ramah lingkungan dan lebih irit listrik?
Pemenang: Shower (secara teoritis)

Situs web ramah lingkungan Grist Amerika Serikat tahun ini telah melaporkan, dari sudut pandang lingkungan, mandi shower lebih cepat, akan lebih hemat air daripada mandi berendam. Cara terbaik mandi shower adalah dengan menggunakan pancuran hemat air, pemakaian air per menit tidak lebih dari dua galon (7,5 liter). Dengan demikian, mandi 10 menit hanya menghabiskan air 20 galon (sekitar 75 liter). Bila Anda memakai pompa listrik, tentunya juga akan lebih hemat karena air yang disedot lebih sedikit.

Menurut statistik US Geological Survey, sekali mandi berendam memerlu air 36 galon (sekitar 136 liter), tidak menggunakan perangkat kepala pancuran yang hemat air per menit akan menghabiskan air 5 galon (sekitar 14 liter), menghabiskan waktu mandi 5-7 menit akan lebih banyak menghabiskan air daripada mandi shower.

Keempat, jenis mana yang akan membuat perasaan lebih baik?
Pemenang: imbang

Cara mandi tergantung pada pengalaman Anda, kedua jenis ini sama-sama membuat orang merasa nyaman. Selain itu, seperti pada 2013, journal yang diterbitkan dalam majalah “emosional” (Emotion) mengatakan, dengan tenang mandi shower atau mandi berendam air panas, memungkinkan rasa kesepian hilang tanpa jejak. Jadi, jika Anda merasa tertekan, jangan direpotkan tentang masalah mandi shower atau mandi berendam membuat Anda khawatir, tidak peduli jenis mandi air panas yang mana, akan membuat Anda merasa hangat dari dalam ke luar.

Setelah penyelidikan, kesimpulan akhir dari “Huffington Post” adalah: mandi shower akhirnya lebih menang! Apakah Anda setuju?

 

Share
Kategori: KESEHATAN

Video Popular