- Erabaru - http://www.erabaru.net -

Perangkat Elektronik Merampas Waktu Tidur Anak

Anak-anak yang menggunakan perangkat elektronik menjelang tidur berisiko lebih dari dua kali lipat tidak cukup tidur pada malam hari dibandingkan dengan anak yang tidak menggunakannya.

Selanjutnya, sebuah tinjauan ulang yang baru terhadap 20 penelitian observasional yang sedang berlangsung dan melibatkan 125.198 anak-anak menunjukkan bahwa kualitas tidur dan kantuk di siang hari disebabkan oleh penggunaan perangkat elektronik menjelang tidur.

“Penelitian kami adalah penelitian yang pertama melakukan konsolidasi hasil penelitian yang ada dan memberikan bukti lebih lanjut dari efek perangkat media yang merugikan terhadap lama tidur dan kualitas tidur,” kata Ben Carter dari Fakultas Kedokteran Universitas Cardiff.

Tidur merupakan bagian yang sering dianggap sepele namun penting bagi pertumbuhan anak, sehingga anak yang sering mengalami kurang tidur dapat menderita berbagai masalah kesehatan. Seiringan dengan semakin meningkatnya popularitas perangkat media portabel, seperti smartphone dan tablet, maka semakin memperburuk masalah kurang tidur pada anak.

“Temuan kami menunjukkan bahwa pendekatan terpadu yang melibatkan orang tua, guru, dan profesional pelayanan kesehatan diperlukan untuk meningkatkan kebiasaan menjelang tidur.”

Saat ini, 72 persen anak dan 89 persen remaja paling sedikit memiliki satu perangkat media portabel di kamarnya, dan sebagian besar anak dan remaja tersebut menggunakan perangkat media portabel menjelang tidur. Perangkat media portabel ini diyakini memengaruhi tidur dengan cara menggeser, menunda, atau mengganggu waktu tidur; secara psikologis merangsang otak; dan memengaruhi irama sirkadian, fisiologi tidur, dan kewaspadaan.

Gangguan tidur pada masa anak terbukti memengaruhi kesehatan fisik dan mental, termasuk pola makan yang buruk, perilaku menetap (tidak bergerak), obesitas, mengurangi imunitas, pertumbuhan terhambat, dan masalah kesehatan mental.( Universitas Cardiff/Vivi/Yant)