Karena tekanan dalam kehidupan orang-orang sekarang, jelas-jelas masih dalam masa usia yang sedang meniti karier, namun, begitu melihat cermin tampak rambut mulai memutih. Penampilan seperti ini membuat kita terlihat kuyu, tampak lebih tua, selain mewarnai rambut, apakah ada cara efektif yang dapat mencegah rambut beruban ? sebenarnya, rambut puth bisa dicegah dengan cara mengatur pola makan seimbang!

Penyebab lebih awal munculnya rambut putih orang-orang sekarang

Melansir laman “everydayhealth.com.tw”, karena stres dalam kehidupan orang-orang modern, sehingga oksigen reaktif yang terjadi menyebabkan kerusakan sel, dan rentan memicu timbulnya rambut putih. Karena stres membuat fungsi melanocyte (sel yang memproduksi pigmen yang mewarnai rambut) di dalam sel induk rambut menurun, sehingga menyebabkan kurangnya melanin, karena itu, rambut tidak bisa mempertahankan kehitamannya, lalu secara perlahan-lahan berubah menjadi rambut putih. Jika ingin mencegah rambut putih, maka menghilangkan oksigen reaktif dalam kehidupan sehari-hari itu sangat penting.

Perawatan rambut dengan suplemen

Konsumsi makanan bernutrisi atau suplemen untuk menyerap asupan protein dan tembaga, bisa secara efektif mencegah munculnya rambut putih.

1. Protein

Penulis rubrik kesehatan Jepang Yumi Okano mengatakan, bahwa untuk mendapatkan rambut yang sehat, maka Anda perlu menyerap protein yang memadai. Produk makanan dari olahan kedelai, ikan, telur, daging sapi mengandung protein. Di antara semua ini, kandungan protein daging sapi adalah yang tertinggi, ahli gizi merekomendasikan penuhi nutrisi dengan daging sapi.

2. Tembaga

Mineral tembaga dapat mengubah rambut putih menjadi hitam, dan menyehatkan rambut. Karena tembaga adalah bahan baku yang mutlak diperlukan untuk menghasilkan melanin, karena itu, kurangnya tembaga dapat membuat rambut kusam, sehingga rentan menyebabkan munculnya rambut putih lebih awal.

Tembaga tidak seperti besi, kalsium yang sering diangkat, tapi tembaga sangat penting. Sonya Angelone, juru bicara The American Society for Nutrition mengatakan, kurangnya tembaga dapat menyebabkan tubuh kita lelah, nyeri sendi, osteoporosis dan gejala lainnya. Kurangnya tembaga dan berbagai enzim tubuh manusia akan berdampak pada tulang, tulang rawan, kulit, sistem kekebalan tubuh dan kardiovaskular.

Biji kakao kaya akan tembaga, Anda bisa dengan mudah menyerap kakao dan cokelat dengan tingkat kemurnian yang tinggi, selain itu, sering-sering makan kedelai, wijen juga dapat menyerap lebih banyak tembaga. (NTDTV/Jhn/Yant)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular