Tragedi yang ditimbulkan perang sulit dibayangkan. Baru-baru ini wadah pemikir AS ‘Center for the National Interest’ dalam artikel yang dimuat jurnal triwulanan mereka ‘The National Interest’ menyebutkan bahwa Perang Dunia III mungkin bisa meletus pada 2017.

Tempat-tempat yang paling menentukan itu ada di Semenanjung Korea, Suriah, Perang Cyber, Asia Selatan dan Laut Baltik.

Artikel tentang kemungkinan meletusnya PD III tersebut ditulis oleh Robert Farley, seorang sarjana  lulusan Kentucky University.

Lokasi yang ia tunjuk sebagai paling memungkinkan meletusnya perang adalah Semenanjung Korea karena beberapa alasan, antara lain disebabkan oleh Korut yang salah paham dalam mencerna tindakan preventif AS sehingga melakukan serangan lebih dahulu.

Atau terjadi kerusuhan akibat runtuhnya rezim Kim Jong-un dan sebagainya. Seperti Perang Korea tahun 1950-an situasi menyebabkan Tiongkok, Rusia dan Jepang ikut terseret dalam peperangan.

Gesekan-gesekan antara AS – Rusia dalam masalah konflik di Suriah, atau perang di dunia maya antara AS-Tiongkok-Rusia yang berkepanjangan. Selain itu, kemungkinan konflik terjadi antara India dengan Pakistan dalam memperebutkan wilayah Kashmir juga bisa menyeret AS dan Tiongkok masuk ke dalamnya.

Dalam artikel juga ditekankan bahwa situasi di Laut Baltik sebenarnya dianggap sebagai lokasi yang ‘paling berbahaya’ di antara keempat lokasi lainnya.

Karena pernyataan presiden terpilih AS mengenai isu keamanan NATO penuh dengan ketidakpastian yang memungkinkan Rusia meremehkan komitmen pertahanan militer AS di Laut Baltik, kemudian muncul tindakan-tindakan radikal yang akhirnya memicu konflik militer yang serius. (Secretchina/joni/rmat)

Share

Video Popular