Hazelnut atau kacang hazel merupakan jenis kacang-kacangan yang tergolong dalam spesies Filbert. Kulitnya berserat halus dan  berbentuk bulat. Bijinya yang biasa dipanggang atau digiling ini punya banyak manfaat. Banyak mengandung protein dan asam lemak tak jenuh. Selain itu juga mengandung zat thiamin dan vitamin B. Kandungan minyak pada hazelnut punya aroma yang khas. Kandungan asam lemaknya mirip kandungan lemak pada ASI.

Tanaman ini banyak tumbuh di Turki, Italia, Yunani, Spanyol, Inggris, Amerika Serikat khususnya di Washington. Saat ini produsen terbesar kacang hazel di dunia adalah Turki. Sering digunakan untuk membuat praline atau untuk campuran truffle cokelat dan sirup.

Penelitian yang dilakukan oleh University of Georgia menemukan bahwa asam lemak dari hazelnut dapat membuat kandungan nutrisi pada susu formula jadi lebih lengkap. Makanan ini biasa digunakan sebagai bahan tambahan produk coklat.

Berikut, beberapa manfaat kesehatan dari kacang hazel.

Mnegandung lemak sehat

Kacang hazelnut kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal (lemak baik), yang dapat membantu mengurangi kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL, menurunkan kadar kolesterol buruk serta meningkatkan kesehatan jantung.

Kaya serat

Kaya akan serat dan dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama, mencegah makan secara berlebihan dan menurunkan berat badan.

Rajanya magnesium

Dalam satu porsi kacang hazelnut mengandung 46 mg magnesium yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko diabetes.

Menyehatkan tulang

Dengan 32 mg kalsium yang terdapat dalam satu porsi, dapat membantu membangun tulang yang kuat.

Melawan kanker

Beta-sitosterol, sebuah phytosterol yang ditemukan di kacang hazelnut, terbukti dapat mengurangi risiko kanker payudara dan membantu melawan leukemia limfositik ( kanker sel darah putih).

Menyehatkan otot

Tingginya kandungan magnesium dan kalsium yang hadir dalam hazelnut dapat membantu pertumbuhan dan mengembangkan otot Anda. Magnesium membantu untuk membangun kembali jaringan otot, sedangkan tingkat kalsium yang tepat dapat membantu mencegah kelelahan dan nyeri otot.

Penguat otak

Kaya akan vitamin E, mengobati peradangan, serta mendukung aktivitas otak yang sehat. Mengonsumsi satu porsi kacang hazel dapat memberikan seluruh dosis harian zat mangan, yang mendukung kesehatan otak.

Menyehatkan kulit

Vitamin E berperan penting bagi kesehatan kulit Anda. Dan kacang hazel kaya akan vitamin E,sehingga jika mengonsusmi kacang hazelnut secara rutin, juga dapat membantu memperlambat proses serta tanda –tanda penuaan pada kulit wajah Anda.(Anai)

Share

Video Popular