Astronom menemukan struktur yang bersembunyi di ruang antar bintang di galaksi. Meskipun sebelumnya ada peneliti yang memperkirakan keberadaan struktur-struktur yang tak terlihat ini, studi terbaru ini dipublikasikan di jurnal Science. Temuan ini akan membantu para astronom untuk lebih memahami bentuk dan ukuran mereka.

Menurut laporan terkait, struktur-struktur ini sangat besar, ukurannya diperkirakan setara dengan Bumi, mengorbit di jalur lintasan di sekitar matahari, dan kemungkinan dapat membantu menjelaskan minimnya materi di alam semesta.

Struktur tak terlihat ini ditemukan Telescope Compact Array oleh peneliti dari Commonwealth Scientific and Industrial Research (CSIRO). Temuan struktur-struktur maha besar ini mungkin dapat membantu para ilmuwan menjelaskan misteri quasar misterius yang jauh (semacam energi dan cahaya), dan menjelaskan faktor yang menyebabkannya menjadi semakin terang di teleskop radio selama tiga dekade terakhir ini.

Namun, para peneliti memperingatkan bahwa ini bukan benda padat besar, astronom percaya bahwa struktur-struktur misterius ini seperti agregat dari berbagai jenis, atau bahkan kemungkinan adalah awan gas yang sangat dingin. Selain itu, mereka juga telah menemukan gas tipis di antara bintang-bintang, struktur misterius yang tak terlihat ini berongga.


Struktur misterius yang tak terlihat ini berongga. (Internet)

Dari mana struktur-struktur misterius ini asalnya, usianya yang akurat, jumlah yang pasti, hingga kini masih menjadi misteri besar di mata astronom.

“Ini semua spekulasi pada tahap ini,” kata Keith Bannister, penulis utama di Commonwealth Scientific and Industrial Research, Australia.

“Mungkin ada ribuan struktur seperti ini di galaksi,” tambahnya.

Para astronom berupaya memastikan kecepatan struktur ini, menurut penelitian awal, struktur berbentuk mi yang tak terlihat ini melintasi medium antar bintang dengan kecepatan sekitar 50 kilometer (30 mil) per detik, struktur yang terdeteksi astronom ini terletak sekitar 3.000 tahun cahaya dari bumi, bahkan lebih jauh seribu kali dari Proxima Centauri terdekat.

Menurut Bannister, struktur-struktur yang ganjil ini tidak ada hubungannya dengan materi gelap.

“Meskipun ada banyak teka-teki menyelimuti struktur-struktur berbentuk ‘mi’ yang tak terlihat ini, yang melintasi galaksi dengan kecepatan 50 kilometer per detik. Struktur-struktur ini nyata, dan langkah yang paling penting dari pengamata kita adalah ukuran dan bentuknya,” tambah Bannister. (Secretchina/ Chen Gang/joni/rmat)

Share

Video Popular