Di dunia gizi, telur memiliki “reputasi” yang baik sebagai “makanan padat nutrisi”. Bisa dikata hidangan yang paling sering disajikan di atas meja oleh hampir setiap keluarga di rumah adalah telur. Karena tidak hanya murah dan enak, terutama karena penuh gizi dan cocok dikonsumsi oleh semua orang.

Namun, ada sebagian orang yang takut makan telur setiap hari dapat meningkatkan lipid darah (kadar lemak dalam darah), diluar dugaan satu butir telur sehari tidak hanya dapat melindungi jantung, meningkatkan daya ingat, tapi juga membantu menurunkan berat badan dan masih banyak manfaat baik lainnya!

Salah satu sumber gizi terbaik bagi manusia

Protein : Kaya protein, setiap 100 gr telur mengandung 12,7 gr protein, protein yang terkandung dalam dua butir telur kira-kira setara dengan 150 gr protein ikan atau protein daging tanpa lemak. Selain itu, kecernaan proteinnya juga yang tertinggi dalam makanan seperti susu, daging sapi.

Lemak : setiap100 gr telur mengandung 11,6 gr lemak, sebagian besar terkonsentrasi di kuning telur, paling banyak berupa asam lemak tak jenuh, dan mudah diserap karena lemaknya berbentuk cair.

Asam amino : Kadar asam amino dalam telur sangat melimpah, sementara sereal dan kacang-kacangan minim akan kadar asam amino yang mutlak dibutuhkan tubuh. Apabila mengonsumsi telur dengan campuran serelia (biji-bijian) atau kacang-kacangan, dapat meningkatkan bioavailabilitas (ketersediaan hayati) dari keduanya.

Mikronutrien lain : Mengandung mikronutrien penting lainnya, seperti kalium, natrium, magnesium, fosfor, besi, terutama zat besi dalam kuning telur mencapai hingga 7 mg / 100 g ; sangat kaya akan fosfor, namun secara relatif minim akan kalsium.

Oleh karena itu, makan telur dengan campuran jenis makanan susu, nutrisinya bisa saling melengkapi, juga kaya akan vitamin A dan B.

Mengapa telur dapat mencegah presbiopi?

Dua jenis antioksidan dalam kuning telur yaitu lutein dan zeaxanthin, dapat membantu Anda melindungi mata, dapat melindungi mata dari sinar UV. Selain itu, mereka (lutein dan zeaxanthin) juga dapat membantu mengurangi risiko katarak.

Disamping itu, karena telur juga kaya akan zinc, dimana zat-zat mineral ini juga dapat membantu mengurangi risiko degenerasi makula.

Darah mereka yang berusia parobaya dan lansia secara bertahap akan menyusut, esensi/energi ginjal juga akan melemah, tidak bisa merawat/melindungi penglihatan, sehingga akan timbul gejala mata kabur/penglihatan samar-samar di kejauhan, inilah yang umum dikenal sebagai presbiopia (mata tua).

Sebenarnya, kalau bisa menjaga kesehatan perawatan mata, diet (pola makan sehat) yang seimbang, menurunnya penglihatan dapat dicegah atau diperlambat. Lalu bagaimana cara mengonsumsi telur yang benar agar bisa lebih baik mencegah presbiopia?

Telur + wolfberry : Menyingkirkan presbiopi

Bahan : Wolfberry 20 gr, 2 butir telur.

Cara membuat:

1.Bersihkan wolfberry (goji berry), sisihkan siap digunakan.

2. Masukkan 2 butir telur ke dalam mangkuk, aduk/kocok merata.

3. Masukkan wolfberry yang telah dibersihkan, lalu tambahkan air hangat, garam secukupnya, aduk merata.

4. Dikukus/masak dalam panci sekitar 3 menit, setelah panas, siap disajikan.

Perhatian :

Pilih buah wolfberry segar, besar dan padat berisi.

Pastikan menggunakan air hangat.

Garam secukupnya, jangan terlalu banyak.

Khasiat:

Wolfberry memiliki efek melindungi dan menutrisi jaringan retina, yang dapat meningkatkan kandungan vitamin C pada retina, sehingga meningkatkan penglihatan.

Selain itu, wolfberry juga memiliki efek dalam meningkatkan daya tahan tubuh, melawan penuaan, melindungi hati, menurunkan gula darah, melembutkan pembuluh darah, menurunkan kolesterol dalam darah, kadar trigliserida, dan memiliki terapi tertentu terhadap fatty liver dan diabetes.

Karena itu, wolfberry kerap dijadikan sebagai obat mujarab sebagai suplemen dalam perawatan kesehatan dan anti-penuaan.

Telur + wortel : Mencegah presbiopi

Bahan : 1 buah wortel besar, telur ayam 2 butir, daun bawang secukupnya.

Cara buat:

1. Kupas wortel dan cuci bersih, setelah itu iris memanjang seperti batang korek api, masukkan ke dalam mangkuk besar, tambahkan sedikit garam, kemudian rendam dengan air selama 10 menit.

2. Kocok telur ayam, tambahkan arak masak, garam secukupnya, aduk rata dan sisihkan.

3. Tuang minyak ke dalam wajan, masukkan kocokan telur setelah minyak panas 80%, kemudian tumis sebentar dan sisihkan.

4. Tuang lagi sedikit minyak ke dalam wajan, masukkan irisan daun bawang, setelah tercium bau harum kemudian masukkan irisan wortel, dan tumis sebentar, tambahkan kayu manis, jinten, cengkeh, ketumbar, kapulaga, aduk sebentar, siap di sajikan.

Khasiat

Wortel mengandung multi karoten, vitamin dan micronutrient, sehingga yang dijuluki sebagai “ginseng sipil”. Dalam kedokteran Tiongkok, wortel memiliki khasiat menguatkan hati menerangkan penglihatan, dan menguatkan energi yang (stamina laki-laki) dan ginjal.

Selain itu, wortel juga mengandung vitamin A dan vitamin E yang dapat merawat kesehatan bola dan otot mata, dapat menjaga fungsi normal dari jaringan epitel, memperbaiki lingkaran hitam di sekitar mata, dan membantu meningkatkan daya pandang/penglihatan.

Hidangan orak-arik telur campur wortel tidak hanya dapat melengkapi nutrisi, juga berkhasiat mengurangi mata lelah, mencegah presbiopia. (NTDTV/Jhn/Yant)

Share

Video Popular