Teleskop luar angkasa Hubble berhasil mengabadikan tabrakan keras di alam semesta. Ini adalah peristiwa tabrakan benda langit klasik Abell 520.

Mari kita kilas balik sejenak tabrakan yang terlihat secara bersamaan dari teleskop ruang angkasa Hubble dan beberapa teleskop ruang angkasa lainnya. Kita simpulkan siapa penanggung jawab utama dari tabrakan ini.

Dari foto yang tampak persis seperti tabrakan antar kereta, Abell520 merupakan sebuah gugus galaksi yang sedang dalam proses penggabungan. Dua gugus galaksi dengan massa yang setara itu persis seperti tabrakan keras antar dua kereta yang sarat dengan bintang, gas dan berbagai planet lain serta materi gelap.

Lokais tabrakan ekstrim keras, menurut pengamatan gabungan dari beberapa teleskop, mereka menemukan fenomena seperti berikut:

Pertama, materi, bintang utama yang memancarkan cahaya saling melintas satu sama lain, satu di sebelah kiri, lainnya sebelah kanan, terlihat seakan-akan tidak menyentuh satu sama lain.

Kedua, gas yang terlihat dari sinar X mengalami tabrakan sengit, tinggal di pusat tabrakan, karena sejumlah besar energi kinetik berubah menjadi energi dalam pada gas-gas ini, suhunya naik secara signifikan, dan memancarkan sejumlah besar sinar-X.

Permukaan matahari bersuhu lima atau enam ribu derajad celcius baru memancarkan cahaya kuning yang terlihat dengan mata telanjang kita, energi X-ray jauh lebih besar dari cahaya kuning, suhu dari gas-gas ini diapastikan telah mencapai jutaan derajat.

Tabrakan ekstrim keras di lokasi. (Internet)Sementara sebagian kecilnya melintasi galaksi bersama dengan bintang.  Dilihat dari tabrakan galaksi, kita tahu, jarak rata-rata antar bintang itu sangat jauh satu sama lain, tidak akan benar-benar saling bertabrakan.

Melalui gravitational lensing/efek lensa gravitasi, ilmuwan menemukan jejak materi gelap yang akhirnya terlihat jelas, ada beberapa galaksi yang mengalami tabrakan keras, dimana sebagian besarnya tetap berada di pusat tabrakan.

Jadi hanya melintas, seperti segumpalan kertas yang saling dilemparkan para siswa di dalam kelas. Sementara gumpalan kertas di angkasa itu sangat jarang benar-benar terjadi tabrakan

Gugus galaksi Abell520 jauhnya sekitar 2,4 miliar tahun cahaya dari bumi kita, namun memiliki cadangan materi gelap yang menakutkan. (Internet)

Menurut pengamatan teleskop ruang angkasa Hubble, jarak gugus galaksi Abell520 sekitar 2,4 miliar tahun cahaya jauhnya dari bumi kita, namun memiliki cadangan materi gelap yang menakutkan. Dalam tabrakan di internal gugus galaksi, materi gelap gugus galaksi Abell520 ternyata memiliki kecepatan yang berbeda dengan materi yang terlihat.

Para ilmuwan menduga di galaksi kita juga memiliki perilaku materi yang sama. Jika terjadi tabrakan pada sistem bintang di dalam galaksi Bima Sakti, apakah akan mengganggu penyebaran materi gelap, yang selanjutnya akan berdampak pada sistem tata surya kita? Dan jika terjadi akibatnya cukup menakutkan. (Secretchina/ Chen Gang/joni/rmat)

Share

Video Popular