Bumi memiliki banyak misteri dan “keajaiban” yang sulit dipercaya dan tidak kita ketahui, salah satu contoh misalnya penampakan gunung berapi lumpur di Rusia yang dilihat dari udara tampak seperti bola mata manusia berukuran raksasa.

“Mata langit” ini terletak di Pulau Sakhalin, Rusia yang pernah menjadi bagian kepulauan terbesar di Tiongkok.

Semasa dinasti Qing (1644 – 1911), kekaisaran Rusia memaksa pemerintah Qing menyerahkan pulau Sakhalin, kemudian diduduki oleh Jepang, hingga akhirnya dirampas Uni Soviet.

Tapi sekarang ia adalah pulau terbesar di Rusia, yang disebut pulau Sakhalin.

Pulau Sakhalin merupakan pulau terbesar di Rusia dengan luas 76,4 kilometer persegi, tetapi hanya memiliki penduduk sekitar 800 ribu jiwa. Di sini areanya luas dengan panorama yang indah tapi jarang penduduknya.

Hal yang paling terkenal di pulau itu adalah “mata langit”, dan munculnya “mata langit” disana karena terbentuk dari semburan gunung berapi Pugachevskiy.

Perbedaan utama antara gunung berapi lumpur dengan gunung berapi pada umumnya, karena gunung berapi itu terbentuk dari lumpur, tidak ada saluran magma seperti pada umumnya. Semburan/letusan gunung berapi lumpur juga tidak sama dengan gunung berapi pada umumnya, hingga akhirnya menjadi seperti itu setelah mengeras.

Kepulauan Sakhalin adalah kawasan yang terdiri dari banyak gunung dan beberapa diantaranya masih aktif. Sedangkan gunung berapi Pugachevskiy sendiri bukanlah gunung api biasa yang mengeluarkan magma berupa lahar panas yang menyala-nyala, tapi ia merupakan gunung berapi unik yang ketika erupsi akan memuntahkan lumpur.

Ada banyak lumpur vulkanik di dunia dan yang ini sangat dikenal. Erupsi yang sangat kuat membuat lumpur keluar dari satu titik lalu menyebar ke sekitarnya, dan menciptakan pemandangan yang indah, mirip sekali dengan mata bumi ketika dilihat dari helikopter.

Lumpur vulkanik adalah formasi yang dibuat oleh gas dan cairan yang dikeluarkan dari perut bumi, meskipun prosesnya kadang berbeda-beda. Lumpur dikeluarkan melalui retakan struktur gunung api. Konsentrasi terbesar dari lumpur gunung berapi ditemukan di Azerbaijan. Beberapa di antaranya telah menciptakan pulau-pulau permanen maupun sementara.

Muntahan lumpur ini kian hari kian meluas dan membanjiri area yang sangat luas. Uniknya lumpur tersebut menyebar secara teratur dan membentuk bulatan besar. Kini bulatan dari lelehan lumpur tersebut terlihat seperti mata manusia raksasa yang berada di permukaan tanah. Bentuknya benar-benar mirip seperti bola mata manusia seperti yang terlihat pada gambar di atas.

Bagian tengah yang menyerupai pupil adalah pusat kawah. Sedangkan lumpur di bagian pinggir yang mulai mengering terlihat seperti bulatan mata manusia. Jika di foto dari udara, menghasilkan gambar yang sangat mirip dengan bola mata manusia sungguhan. Tapi, itu memang sebuah fenomena yang ajaib. (Secretchina/Chen Gang/joni/rmat)

Share

Video Popular