Ketajaman mental diketahui kian memudar dari tahun ke tahun, dan, bagi wanita, penurunan mental paling menonjol menjelang menopause. Namun, ketajaman mental beberapa wanita lebih baik daripada wanita yang lain.

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa wanita yang melahirkan bayi terakhir setelah berusia 35 tahun termasuk wanita yang memiliki ketajaman mental.

Penelitian yang dipimpin oleh asisten profesor dari Fakultas Kedokteran Universitas Southern California, melibatkan 830 wanita dengan usia rata-rata 60 tahun. Semua wanita ini diukur berbagai kemampuan yang berhubungan dengan fungsi kognitif, memori, dan motorik.

Hasilnya kemudian dinilai dalam kaitannya dengan riwayat reproduksi setiap wanita tersebut. Wanita yang berusia 35 tahun atau lebih melahirkan untuk terakhir kalinya berada dalam kelompok yang menunjukkan latihan kemampuan otak yang lebih baik. Kelompok lainnya yang menunjukkan ketajaman mental yang lebih baik mencakup wanita yang mengalami haid pertama kalinya sebelum berusia 13 tahun dan wanita yang telah menggunakan kontrasepsi oral minimal selama 10 tahun.

Penulis penelitian percaya manfaat dari faktor-faktor tersebut berperan dalam memproduksi dan menstabilkan hormon seks.(Epochtimes/Vivi/Yant)

Share

Video Popular