Setelah melanglang Samudra Pasifik selama bertahun-tahun, ikan salmon sockeye menemukan jalan pulang ke tempat kelahiran mereka dengan menggunakan medan magnet bumi, menurut penelitian AS yang dipublikasikan dalam jurnal “Current Biology” pada 7 Februari.

“Untuk menemukan jalan kembali ke rumah menyeberangi laut ribuan kilometer, jejak ikan salmon pada medan magnet itu masih ada di mana mereka pertama kali masuk laut saat masih remaja. Setelah mencapai dewasa, mereka mencari lokasi pantai dengan medan magnet yang sama,” ungkap rekan penulis studi Nathan Putman dari Oregon State University mengatakan dalam siaran pers.

Para ilmuwan sudah lama menduga ikan salmon tersebut menggunakan peta magnetik, namun tidak dapat mengkonfirmasi hal itu sampai saat ini. Sungai Fraser di British Columbia telah menyediakan cara yang berguna untuk mempelajari bagaimana salmon bernavigasi.

“Ketika mereka mencoba untuk kembali, mereka dihadapkan dengan rintangan raksasa: Pulau Vancouver memblokir akses langsung ke sungai mereka” jelas Putman.

“Jadi ikan harus membuat pilihan: apakah mereka menggunakan inlet (jalan masuk) utara atau inlet selatan sebagai jalan memutar mereka?”

Sejak medan magnet bumi bergeser dari waktu ke waktu, ikan salmon yang meninggalkan Sungai Fraser dua tahun lalu mungkin menemukan medan magnet yang sedikit berbeda ketika mereka kembali. Peta magnetik mereka mungkin membimbing mereka untuk memilih inlet lainnya.

Sejak tahun 1950-an, industri perikanan telah mengumpulkan data tentang salmon yang kembali ke daerah ini. Ketika mereka dibandingkan dengan prediksi perubahan dalam medan magnet, mereka menemukan bahwa medan magnet memang mempengaruhi pilihan yang salmon buat.

Namun, Putman mengatakan peta magnetik ini mungkin tidak bekerja dengan baik untuk salmon yang dibesarkan di tempat pembenihan.

“Jika, misalnya, ikan dalam pembenihan diinkubasi dalam kondisi dengan banyak kabel listrik dan pipa besi di sekitarnya yang mendistorsi medan magnet, maka dapat dibayangkan bahwa mereka mungkin lebih buruk dalam bernavigasi dibandingkan dengan rekan-rekan liar mereka,” katanya. (ran)

Share

Video Popular