Oleh Lin Hui

Secara umum dapat dikatakan bahwa setiap orang, kelompok organisasi atau sebuah  negara akan menetapkan satu hari kelahiran yang berdasarkan suatu ketentuan. Tetapi kalau seseorang bertanya, kapan Partai Komunis Tiongkok (PKT) lahir?

Pasti sebagian dari masyarakat Tiongkok akan dibuat bingung dalam menjawabnya. Bukankah selama ini Partai Komunis Tiongkok selalu merayakan hari ulang tahunnya pada setiap 1 Juli? Apakah soal itu saja dipalsukan untuk membohongan rakyat?

Namun, justru kecurigaan  Anda itulah yang benar. 1 Juli bukan hari kelahiran PKT. Menurut penelitian yang dilakukan seorang pakar sejarah PKT yang kini tinggal di luar negeri, Si Malu bahwa PKT didirikan pada 23 Juli 1921, lalu berubah menjadi 1 Juli karena Mao Zedong salah ingat.

Sebagaimana dituturkan oleh Si Malu, PKT tidak pernah memusingkan soal hari berdirinya, bahkan para pemimpin seniornya juga tidak ambil peduli masalah itu, sampai Oktober 1937 mereka tiba di bagian utara propinsi Shaanxi tidak pernah membahas atau merayakan HUT-nya.

Dalam ingatan Si Malu bahwa hari ulang tahun PKT yaitu 7 November sama dengan hari ulang tahun Uni Soviet. Pada hari itu  kantin kelompok pelatihan pemuda PKT di mana Si Malu bergabung, memperoleh masakan ekstra berupa daging dan sayuran. Instruktur yang mengajar ilmu politik saat itu, Le Shaohua berdiri di depan podium mengatakan, “Hari ini adalah hari peringatan Revolusi Oktober Uni Soviet .”

7 November tahun berikutnya, Si Malu kembali bisa menikmati makanan daging meskipun hanya beberapa helai. Hari itu PKT lagi-lagi memperingati keberhasilan Revolusi Oktober Uni Soviet. Bila dikaitkan dengan hubungan erat yang terjalin dengan Partai Komunis Uni Soviet pada saat itu, masyarakat tidak sulit untuk menarik kesimpulan bahwa PKT akan melakukan apa saja yang diinstruksikan oleh Partai Komunis Uni Soviet.

Pada 1938 PKT menbentuk satu komite dengan ketuanya Wang Ming yang bertugas untuk menggali sejarah PKT. Tetapi, pejabat yang sesungguhnya bertanggungjawab adalah Yang Song yang kemudian menerbitkan buku berjudul ‘Sejarah Modern tentang Revolusi Tiongkok’.

Dokumen Pilihan tentang Sejarah Revolusi Tiongkok sejarah revolusi Tiongkok. Sayangnya, orang yang begitu ‘setia’ kepada PKT beberapa tahun kemudian harus menemui ajal dalam Gerakan Rektifikasi Yan’an yang berlangsung antara  1942 – 1944.

Untuk melakukan penelitian sejarah PKT tentu yang paling penting adalah mengetahui kapan organisasi itu berdiri. Kader PKT masa lalu seperti Teng Zhongxia dan Li Weihan, semua menyebutkan partai berdiri pada Juni 1921.

Tetapi, fakta menunjukkan bahwa pada sekitar pertengahan Juni 1921, Komite Sentral Sementara yang berkedudukan di Shanghai waktu itu mengeluarkan pengumuman yang berisi undangan untuk menghadiri Sidang Paripurna Pertama PKT pada 30 Juni 1921. Namun, sidang terpaksa dibatalkan dan diganti hari karena sejumlah tokoh penting PKT tidak hadir.

Majalah PKT ‘orang Komunis’ terbit pada Oktober 1939, dan Mao Zedong menulis kata pengantar. Pada ‘Kata Pengantar’ tersebut, terdapat kalimat Mao Zedong yang berbunyi, Juni 1921, Sidang Paripurna Pertama PKT tetapi dalam Buku Serial Karya Mao Zedong ia sendiri menghilangkan tulisan Juni tanpa menggantikannya dengan tanggal yang tepat. Hal yang membuat orang heran adalah pada saat itu Mao juga menghadiri sidang tetapi tidak tahu atau lupa dengan tanggalnya, Aneh bukan?

Penjelasan yang bisa diterima adalah para kader PKT saat itu tidak menganggap serius sidang itu sehingga tidak ada ingatan. Meski mereka tidak pernah mengira bahwa partai di kemudian hari berhasil mengambil alih pemerintahan dan menguasai Tiongkok, “Sopo Nyono”.

Cukup lama PKT melakukan pendiskusian tentang kapan tepatnya PKT didirikan. Mereka selain menggunakan  pendekatan Juni sebagai elemen, juga pendekatan dengan Juli sebagai elemen, tetapi sampai sekarang tidak ada kesimpulan. Namun, berdasarkan sejumlah dokumen peninggalan Yan’an dapat terlihat tulisan: “Didirikan pada  Juli 1921. Tidak ada tanggal yang tercantum.”

Dalam suatu percakapan pada 1940, Mao Zedong dengan suara lantang mengatakan, “1 Juli adalah hari ulang tahun PKT, tahun depan PKT sudah berusia 20 tahun, mulai 1 Juli nanti peringatannya kita lakukan selama 1 bulan penuh.”

Setelah itu, berita himbauan kepada seluruh anggota PKT untuk memperingati hari ulang tahun ke 20 pada 1 Juli 1941 disebarkan lewat media cetak ‘Harian Tionghoa’ terbitan Yan’an. Juni 1941, Komite Sentral PKT secara resmi menunjuk 1 Juli sebagai hari berdirinya PKT. Namun demikian, pada 1 Juli itu sebenarnya juga keliru, karena tepatnya adalah 23 Juli.

Menurut ingatan dari seorang wakil daerah yang ikut menghadiri Sidang Paripurna Pertama PKT, Chen Gongbo bahwa Sidang Paripurna Pertama itu diadakan pada 20 Juli 1921, Tetapi, baik Chen Gongbo maupun Zhou Fuhai kedua orang ini membenarkan bahwa surat kabar yang banyak memuat berita sosial Shanghai terbitan akhir Juli 1921 sangat membantu dalam penelusuran dan dapat dijadikan bukti kuat kapan hari jadi PKT.

Chen Gongbo dan Zhou Fuhai masih ingat betul bahwa pada hari itu Chen membawa istri yang baru ia nikahi untuk menginap bersama di Hotel Dadong, Shanghai tempat berlangsungnya Sidang Paripurna Pertama.

Kebetulan pada malam hari itu ada pembunuhan di kamar sebelah mereka menginap. Terdengar 2 kali suara tembakan dan seorang wanita ditemukan meninggal dunia. Gara-gara kejadian itu banyak polisi datang  untuk melakukan pengusutan, karena itu, sidang untuk keesokan harinya terpaksa diskors dan para peserta malam hari itu juga buru-buru dipindahkan ke tempat lain (peserta takut ditangkap karena sidang berlangsung rahasia).

Di Danau Selatan di Jiaxing itu sidang kembali berlangsung selama sehari lalu ditutup. Dengan demikian, bila dapat menemukan hari sidang diskors atau hari terjadinya pembunuhan di hotel Dadong, maka tidak sulit untuk menentukan hari lahirnya PKT.

Benar saja, Harian Shanghai bernama “Shenbao” pada awal Agustus 1921 memuat berita pembunuhan di Hotel Dadong yang menyebut tanggal kejadiannya yaitu pada 31 Juli 1921 dini hari. Jadi 8 hari sebelum kasus pembunuhan tersebut, yakni 23 Juli adalah hari berlangsungnya Sidang Paripurna Pertama. Tidak sulit, cuma dengan berpatokan kasus pembunuhan terhadap kekasih itu untuk menelusuri hari jadi PKT benar-benar sangat ironis. Apakah ini juga menunjukkan bahwa PKT identik dengan kekerasan?

Kemudian, di arsip tentang PKT yang tersimpan di Partai Komunis Uni Soviet ditemukan tulisan memoar dari peserta sidang Wakil dari kota Wuhan, Chen Tanqiu di Moskow, dan tulisan memoar dari petugas khusus Partai Komunis Internasional untuk Chita, tulisan mereka semua merujuk tanggal 23 Juli 1921 di mana Sidang Paripurna Pertama PKT berlangsung di Shanghai selama 8 hari.

Si Malu pada 1978 melalui teman dekatnya di Rusia juga memperoleh dokumen asli  yang membenarkan 23 Juli sebagai hari Sidang Paripurna Pertama PKT diselenggarakan.

Media corong PKT ‘Renmin Rebao’ pada 1980 untuk pertama kalinya mengakui tanggal berdirinya PKT adalah 23 Juli 1921. Tidak diragukan lagi, Mao Zedong telah 2 kali membuat kesalahan tetapi tak satupun orang di sekelilingnya berani membantah. Sampai saat ini, PKT masih merayakan hari jadinya pada 1 Juli. Media bahkan dalam propagandanya masih mempublikasikan ucapan selamat ulang tahun PKT, karena itu ditetapkan oleh Mao Zedong, Siapa saja yang menyangkal Mao berarti menyangkal PKT.

Kekisruhan hari ulang tahun PKT juga muncul dalam film ‘Beginning of the Great Revival’, Ada netizen yang menemukan dalam film itu bahwa PKT didirikan pada Juni 1941.

Hari berdirinya PKT saja dibuat-buat, ini menunjukkan bahwa organisasi tersebut sejak saat didirikan sudah dipenuhi dengan kebohongan dan kepalsuan. Sejak ia berhasil mengambil alih pemerintahan dari tangan Chiang Kaishek kemudian mendirikan Republik Rakyat Tiongkok sampai sekarang, ia tak pernah menanggalkan sifat buruk itu.

Bohong dan menipu adalah hal biasa bagi mereka. Sekarang, kebohongan dan kepalsuan sedang satu per satu terkuak dan rakyat Tiongkok tak mau lagi percaya kepada mereka. Berapa lama partai dengan kondisi demikian masih bisa bertahan? (sinatra/rmat)

Share

Video Popular