Presiden terpilih AS Donald Trump, pada Jumat (6/1/2017) dalam twitternya menyebutkan bahwa biaya pemagaran perbatasan antara AS dengan Meksiko yang diberitakan media akan dikeluarkan dari dana penerimaan pajak AS itu sama sekali tidak benar.

Meskipun untuk mempercepat pembangunannya AS yang mendanai terlebih dahulu. Tetapi Meksiko sudah mengkonfirmasi akan membayar semua biaya yang sudah ditalangi AS.

“Yang tidak dilaporkan secara jujur oleh media itu adalah berita bahwa Meksiko nantinya akan membayar seluruh biaya pembangunan pagar yang sekarang dikerjakan oleh AS karena demi mempercepat waktu penyelesaiannya,” demikian tulis Trump dalam twitter.

CNA dalam laporannya menyebutkan, begitu komentar Trump beredar, nilai tukar mata uang Meksiko Peso langsung melemah sebanyak 0.22 %. Selain itu, akibat kritikan Trump terhadap beberapa perusahaan industri yang berproduksi di Meksiko tetapi bukan AS bertambah tajam, menyebabkan nilai tukar Peso Meksiko terhadap Dollar AS pekan ini jatuh ke rekor terendah.

CNN dan media lainnya juga memberitakan bahwa tim transisi Trump telah menyampaikan pesan kepada anggota Kongres dari Partai Republik agar masalah pembiayaan pagar perbatasan ini dapat diselesaikan lewat pengalokasian anggaran belanja yang akan turun pada April mendatang.

Trump dalam twitternya menyebutkan, untuk mengejar waktu penyelesaian, pagar tersebut didanai terlebih dahulu oleh AS, tetapi nantinya akan dibayar oleh Meksiko. Sementara itu, kepala staf Trump Kellyanne Conway mengatakan, “Janji Trump agar Meksiko yang membiayai pembangunan pagar perbatasan itu tidak akan meleset.”

Dalam acara TV ‘This Morning’ yang diselenggarakan CBS News, Kellyanne Conway mengatakan, “Di mata kami, segalanya masih berjalan tanpa berubah. Hanya saja Kongres yang  ingin membantu sehingga mengajukan diri untuk melakukan studi guna mengatasi pembiayaan pagar termaksud. Jelas, untuk menghormati federalisme kita tidak akan menghalangi maksud baik Kongres untuk membantu dalam penggalangan dana pembiayaan ‘proyek’ pertama presiden AS terpilih Trump.”

Juru bicara tim transisi Trump, Sean Spicer dalam acara wawancara dengan ABC News di ‘Good Morning America’, mengatakan bahwa AS membayar terlebih dahulu biaya pembangunan pagar.

“Tetapi itu tidak berarti dia (Trump) melanggar janjinya,” katanya.

“Saya yakin dia (Trump) akan masih akan terus membicarakan masalah tersebut dengan mereka (pemerintah Meksiko),” tambahnya. (Sinatra/rmat)

Share

Video Popular