Meskipun telah memasuki abad ke-21, namun, sebagian besar masyarakat meyakini bahwa “Mermaid” yakni makhluk setengah ikan itu tak lebih hanya sebuah mitos dalam legenda (negeri) Barat. Akan tetapi ada juga yang percaya makhluk setengah ikan itu pernah hidup di dasar laut yang misterius.

Tidak ada muskil di samudera nan luas, mungkin masih banyak spesies yang tidak diketahui manusia. Seorang pria Australia menemukan sesosok mermaid atau putri duyung, yakni makhluk setengah manusia-ikan yang berenang hilir mudik di sekitarnya saat sedang menyelam di Great Barrier Reef / Karang Penghalang Besar.

Pria itu segera mengambil kameranya dan mengabadikan pemandangan yang langka ini, setelah dicermati dari dekat, sosok makhluk diduga adalah sosok putri duyung.

Makhluk yang berenang dengan pesat di dasar laut seperti tampak dalam rekamannya itu memiliki dua lengan yang panjang-panjang dan sirip ekor yang besar. Sekilas memang terlihat seperti putri duyung. Pemandangan berupa gambar putri duyung itu tanpa sengaja direkam oleh seorang pria Australia pada September 2011 lalu ketika ia sedang menyelam di perairan dekat Great Barrier Reef di Queensland, Australia.

Cuaca ketika itu sangat cerah, gelombang laut tidak besar. Pemandangan di dalam air juga sangat jelas ketika ia menyelam di palung laut sedalam 2 meter. Di sekeliling pemandangan terlihat banyak ikan-ikan tropis dan beberapa terumbu karang. Ia merasa takjub ketika mengabadikan pemandangan langka itu.

Saat pulang ke rumah, ia kembali memastikan pemandangan yang direkamnya itu, dan menduga  pemandangan yang direkamnya itu kemungkinan adalah sesosok makhluk yang mirip dengan mermaid atau putri duyung.

Selain itu, juga pada September 2011, ketika wisatawan Swedia yang berlayar dengan kapal laut melihat lumba-lumba, tanpa sengaja memotret sebuah objek bundar warna putih.

Menurut cerita wisatawan, objek warna putih itu sekilas terlihat seperti pelampung dan mengikuti kapal dengan kecepatan tinggi, bergerak mendekat atau menjauh dengan sendirinya di sekitar kapal. Tetapi ia tidak bisa memastikan objek apa sebenarnya yang terlihat sangat aneh itu dan hingga sekarang juga tidak ada yang tahu.

Bahkan di wilayah hukum laut Israel juga dilaporkan, bahwa sedikitnya lima orang menyaksikan penampakan putri duyung. Menurut penuturan saksi mata, objek yang mereka lihat berwujud perempuan, memiliki sirip ekor ikan, putri duyung itu kemudian melompat ke dalam air dan lenyap seketika setelah tersenyum pada mereka.

Meskipun hanya terlihat beberapa detik, namun saksi memastikan apa yang mereka lihat itu memang putri duyung. Mengingat kerapnya rumor tentang putri duyung, pemerintah kota Yarm kemudian menggelontorkan dana US 1.2 juta dolar, sebagai hadiah pengambilan film putri duyung.

Para saksi mata dari berbagai daerah menceritakan dengan begitu hidup tentang keberadaan putri duyung. Tampaknya hamparan laut yang maha luas ini, masih terlalu banyak hal-hal yang tidak dipahami manusia. (Secretchina/Ye Yu-huan/joni/rmat)

Share

Video Popular