Penglihatan Anda mungkin adalah indera terpenting dari lima indera Anda. Kesehatan mata beriringan dengan kesehatan tubuh secara keseluruhan, tetapi ada beberapa zat gizi yang sangat penting untuk mata. Zat gizi ini membantu menjaga fungsi mata, melindungi mata terhadap cahaya yang berbahaya dan mengurangi perkembangan penyakit degeneratif yang berkaitan dengan faktor usia.

Asam gamma-linolenat

Asam gamma-linolenat adalah asam lemak omega-6 yang ditemukan dalam jumlah kecil pada makanan.

Tidak seperti banyak asam lemak omega-6 lainnya, asam gamma-linolenat tampaknya memiliki sifat anti-peradangan.

Sumber terkaya asam gamma-linolenat adalah minyak evening primrose dan minyak starflower.

Beberapa bukti menunjukkan bahwa mengonsumsi minyak evening primrose dapat mengurangi gejala penyakit mata kering.

Pada satu penelitian acak terkontrol, wanita penderita mata kering diberi dosis harian minyak evening primrose yang mengandung 300 mg asam gamma-linolenat. Penelitian tersebut menemukan bahwa gejala wanita penderita mata kering berkurang dalam waktu enam bulan.

Vitamin C

Mata membutuhkan jumlah antioksidan yang tinggi – melebihi banyak organ lainnya.

Antioksidan vitamin C tampaknya sangat penting, meskipun vitamin C kurang berperan untuk kesehatan mata yang dibuktikan oleh penelitian terkontrol.

Konsentrasi vitamin C lebih tinggi pada aqueous humor mata daripada di cairan tubuh lainnya. Aqueous humor adalah cairan yang mengisi bagian terluar mata.

Kadar vitamin C di dalam aqueous humor berbanding lurus dengan asupan vitamin C. Dengan kata lain, konsentrasi vitamin C di dalam aqueous humor akan meningkatkan dengan mengonsumsi suplemen vitamin C atau makan makanan yang kaya akan vitamin C.

Penelitian observasional menunjukkan bahwa penderita katarak cenderung memiliki status antioksidan yang rendah. Penelitian observasional juga menemukan bahwa orang yang mengonsumsi suplemen vitamin C cenderung jarang menderita katarak.

Vitamin C tampaknya berperan melindungi mata, tetapi tidak jelas apakah suplemen vitamin C memberikan tambahan manfaat bagi orang yang tidak kekurangan vitamin C.

Jumlah vitamin C yang tinggi ditemukan dalam buah dan sayuran, termasuk paprika, buah citrus, jambu biji, kale dan brokoli.

Vitamin E

Vitamin E adalah kelompok antioksidan yang larut dalam lemak yang melindungi asam lemak dari oksidasi berbahaya.

Karena kadar asam lemak yang tinggi pada retina, maka asupan vitamin E yang cukup adalah penting untuk kesehatan mata yang optimal.

Meskipun kekurangan vitamin E yang parah dapat menyebabkan degenerasi retina dan kebutaan, tidak jelas apakah suplemen vitamin E memberikan manfaat tambahan jika vitamin E sudah terpenuhi dari makanan.

Sebuah meta-analisis penelitian observasional menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih dari 7 mg vitamin E setiap hari dapat mengurangi risiko katarak terkait faktor usia sebanyak 6%.

Sebaliknya, penelitian acak terkontrol menunjukkan bahwa suplemen vitamin E tidak memperlambat atau mencegah perkembangan katarak.

Sumber makanan terbaik vitamin E mencakup almond, biji bunga matahari dan minyak nabati, seperti minyak biji rami.

Seng

Mata mengandung kadar seng yang tinggi.

Seng merupakan bagian dari banyak enzim penting, termasuk superoksida dismutase, yang berfungsi sebagai antioksidan.

Seng tampaknya terlibat dalam pembentukan pigmen visual dalam retina. Untuk alasan ini, kekurangan seng dapat menyebabkan kebutaan malam.

Dalam satu penelitian terkontrol, orang tua penderita degenerasi makula awal diberi suplemen seng.

Kerusakan makula peserta penelitian menjadi lambat terjadi dan mempertahankan ketajaman visual yang lebih baik dibandingkan dengan peserta penelitian yang mendapat plasebo.

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan sebelum kesimpulan yang kuat dapat dicapai.

Sumber makanan alami seng yang berlimpah di seng mencakup tiram, daging, biji labu dan kacang.

Pesan

Banyak penyakit kronis dapat dicegah. Anda dapat menghindari atau menunda penyakit kronis dengan mengikuti kebiasaan gaya hidup sehat, seperti diet sehat dan olahraga teratur.

Namun, jangan mengabaikan seluruh tubuh anda. Kesempatan yang ada adalah, makanan akan membuat seluruh tubuh menjadi sehat sehingga kesehatan mata juga  tetap terjaga.(Epochtimes/ Atli Arnarson /Vivi)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular