Oleh Zhang Ting

Presiden AS terpilih Donald Trump pada Rabu (11/1/2017) menggelar konferensi pers pertama. Dalam acara tanya jawab, Trump menjelaskan soal hubungan pribadinya dengan Group Trump, isu Rusia, pelayanan kesehatan Obama, tembok perbatasan AS – Meksiko dan sebagainya.

Konferensi pers pertama yang dimulai pada pukul 11 siang waktu setempat itu diadakan di dalam gedung Trump di New York yang dalam beberapa waktu terakhir ini telah digunakan untuk menemui sejumlah pejabat, mantan pejabat yang dicalonkan sebagai anggota kabinetnya.

Hubungan kepentingan antara Trump dengan group perusahaannya

Trump telah berjanji untuk memisahkan kepentingan dirinya sebagai presiden dengan kerajaan bisnis yang ia bangun. Ia sudah berjanji untuk mengundurkan diri dari semua jabatannya di Group Trump dan menyerahkan semua urusan bisnis dan investasi kepada sebuah lembaga keuangan kepercayaan.

Group Trump kemudian akan dikelola oleh kedua anaknya bersama Alan Weisselberg, CFO dari kelompok usaha mereka.

Trump mengatakan bahwa kedua anaknya akan mengelola perusahaan secara profesional dan tidak membicarakan masalah bisnis dengan dirinya.

Sebuah tim hukum Trump kepada wartawan mengatakan bahwa mereka sudah mendapat instruksi untuk memotong secara hukum kepentingan antara Trump dengan kelompok usahanya. Ia juga menjamin bahwa dirinya tidak akan memanfaatkan kedudukannya sebagai presiden untuk menggaet keuntungan bagi kelompok usahanya.

Selain itu, kelompok usaha Trump juga berencana untuk menyewa seorang konsultan etika untuk menjaga kepatuhan usaha terhadap hukum yang berlaku.

Trump juga mengatakan bahwa pekan lalu ia telah menolak sebuah penawaran transaksi bisnis senilai  USD 2 miliar dari kelompok pengembang di Dubai. Ditegaskan bahwa ia sudah tidak berminat untuk membicarakan soal bisnis yang menyangkut kepentingan kelompok usahanya.

Pengacara pajak Trump, Sheri Dillon memberitahu wartawan bahwa kelompok usaha Trump telah berjanji untuk menyumbangkan kepada Departemen Keuangan AS seluruh keuntungan dari bisnis perhotelan mereka yang berada di luar Amerika.

Sheri Dillon juga mengatakan, “Selama Trump menjadi presiden, kelompok usahanya tidak akan menandatangani transaksi bisnis asing terkecuali yang dilakukan di dalam negeri AS setelah diteliti secara saksama oleh departemen AS yang berwenang.”

Hubungan dengan Putin merupakan sebuah aset

Ketika Trump ditanya soal intervensi Rusia pada pemilu AS, ia mengatakan bahwa Putin seharusnya tidak berbuat demikian, dan ia juga tidak akan berbuat begitu.

“Ketika saya memimpin (AS), Rusia akan bertambah menghormati negara kita. Kalian juga bisa melihat, Rusia akan semakin menghormati negara kita,” kata Trump dengan semangat.

Selain itu Trump juga mengatakan, setelah dirinya menjabat nanti Jepang, Meksiko serta Tiongkok yang telah merampas seluruh kepentingan ekonomi AS akan berubah semakin menghormati AS.

Sedangkan menyangkut hubungan baik dengan Rusia, Trump mengatakan bahwa ia sama sekali tidak memiliki kepentingan bisnis dengan negara itu, termasuk tidak menerima dana  pinjaman dari Rusia.

“Saya akan menempatkan hubungan baik Putin dengan saya itu sebagai aset bukan kewajiban,” kata Trump.

Trump mengatakan bahwa ia tidak berani menjamin sejauh mana hubungan baik dengan Putin itu bisa dipertahankan, tetapi ia minta para wartawan mengatakan secara jujur, apakah sikap Hillary Clinton terhadap Putin tidak lebih keras dibandingkan dengan dirinya.

Melalui konferensi pers tersebut Trump menegaskan bahwa Rusia bukan satu-satunya negara yang menyerang AS dengan hacker.

“Coba diingat, 22 juta akun AS telah dicuri oleh hacker dari Tiongkok komunis. Namun kalian tidak secara imbang memberitakannya,” katanya.

Trump menunjukkan bahwa pertahanan internet AS sangat lemah. Ia berjanji akan membenahinya dalam 90 hari setelah ia menjabat. Pemerintahannya nanti akan membuat laporan penting tentang pencegahan serangan hacker untuk ditindaklanjuti. Tampaknya banyak peretas yang ingin mencoba untuk menyerang AS, keluhnya.

Mencabut dan mengganti layanan kesehatan Obama atau Obamacare

Ketika ditanya tentang melihat Obamacare, Trump mengatakan bahwa ia memandangnya sebagai ‘sebuah bencana’ bagi AS. Ia kemudian menambahkan, “Kalian nanti akan merasa bangga dengan perjuangan keras kami.”

Nantinya akan ada kebijakan yang mencabut dan menggantikan Obamacare itu yang  dikeluarkan secara bersamaan.

Memberlakukan Pajak Perbatasan (Border Tax) kepada perusahaan AS

Trump menyampaikan rencananya untuk mendesak perusahaan AS yang hendak memindahkan pabrik mereka ke negera lain untuk sebelumnya melunasi pembayaran Pajak Perbatasan (Border Tax) yang ditetapkan cukup mahal.

Perbatasan AS – Meksiko

Berkaitan dengan janji Trump membangun dinding perbatasan antara AS dengan Meksiko, ia mengatakan, “Bukan tujuan saya untuk menuduh para wakil dari Meksiko beserta para pemimpin negara tersebut, tetapi yang saya maksudkan adalah kita seharusnya tidak membiarkan hal ini terjadi. Mudah-mudahan sudah tidak terjadi lagi di kemudian hari. Oleh sebab itu, perbatasan perlu secepatnya dibangun dan Meksiko sudah bersedia untuk menanggung dana pengeluarannya.”

Ia secara khusus mengatakan, “Yang benar adalah tembok, bukan pagar, untuk mengoreksi kesalahan dalam menyebut oleh seorang wartawan yang bertanya.”

Trump menambahkan bahwa ia tidak ingin lama-lama lagi untuk menunggu realisasinya rencana itu, sekarang saja dibangun.

Menciptakan lebih banyak lapangan kerja

Kepada wartawan ia mengatakan, “Kita ingin menciptakan lebih banyak kesempatan kerja, Saya serius !”

Trump cukup gembira dengan perkembangan lapangan kerja di AS belakangan ini, mengatakan bahwa industri otomotif akan kembali ke AS. Dengan mengutip pengumuman Fiat-Chrysler sebelumnya, Trump mengatakan bahwa mereka akan membangun pabrik yang besar, dan tidak lagi memindahkan jalur produksi ke luar negeri. Ia menegaskan bahwa berita besar akan muncul dalam beberapa pekan ke depan.

Melalui kesempatan ini, Trump mengucapkan tetrima kasih kepada para pemilik Ford dan Fiat-Chrysler, dan berharap kepada General Motors untuk mengikuti langkah mereka.

Indeks Saham di Bursa London naik

Laporan menyebutkan, 100 indeks FTSE London untuk pertama kalinya mencatat rekor tertinggi hingga menembus atas atas yang 7.300 pada 11 Januari bertepatan Trump mengadakan konferensi pers.

Meskipun menurun sehingga hanya mencatat kenaikan sebesar 0.5 % pada penutupan harinya, yaitu angka 7.309,59. namun kenaikan indeks tersebut sudah memperpanjang rekor kenaikan berturut-turut paling lama (12 hari) sejak 1984. (Sinatra/rmat)

Share

Video Popular