Tahapan Baru Pilkada DKI Jakarta, Tiga Putaran Debat Resmi

328
Tiga Paslon Cagub dan Cawagub PIlkada DKI Jakarta 2017 (http://kpujakarta.go.id)

JAKARTA – Tahapan Pilkada DKI Jakarta akan memasuki jadwal debat kandidat yang akan digelar pada tiga putaran. Ketiga pasangan calon Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, Basuki Tjahja Purnama-Djarot Saiful Hidayat, dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno akan menyampaikan visi dan misi mereka.

Rilis resmi KPUD Jakarta menjadwalkan, debat  putaran pertama akan digelar pada 13 Januari  2016 di Hotel Bidakara, Jakarta pukul 20.00 WIB. Debat ini akan disiarkan di Jawa Pos TV, Net TV dan TV One. Tema yang diangkat adalah Pembangunan demokrasi, reformasi birokrasi dan penegakkan hukum.

Debat putaran kedua akan digelar pada 27 Januari 2016 yang akan ditayangkan secara langsung oleh Metro TV, MNC TV dan TVRI. Tema debat yang diangkat adalah pembangunan ekonomi, kesenjangan sosial, tenaga kerja, kesejahteraan rakyat, agama dan budaya.

Selanjutnya debat putaran ketiga akan digelar pada 10 Februari 2016 yang akan disiarkan secara langsung oleh Trans Group, SCTV, Kompas TV dan Jak TV. Tema debat yang diangkat pada putaran terakhir ini adalah pelayanan publik terdiri transportasi, pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan pelayanan terhadap penyandang disabilitas.

Ketiga pasangan calon Pilkada DKI Jakarta nantinya akan mengikuti debat kandidat dengan enam segmen. Memulai debat, ketiga paslon akan menyampaikan visi dan misi. Selanjutnya dilanjutkan dengan pendalaman visi dan misi paslon. Pada sesi ketiga, tim panelis menyampaikan pertanyaan atas visi dan misi mereka.

Sesi debat selanjutnya akan dilanjutkan dengan tahapan setiap pasangan calon melempar pertanyaan kepada setiap paslon. Kemudian pada sesi kelima dilanjutkan setiap kandidat mendebat paslon lainnya. Debat kemudian dilanjutkan pada sesi terakhir yakni kata penutup setiap kandidat. (asr)