Oleh Chen Juncun

Pria India bernama Naveen tiba di sebuah kuil setelah berjalan kaki sejauh 600 km dalam waktu 17 hari. Ia mengaku tidak berjalan sendirian, tetapi ditemani oleh seekor anjing liar.

Selain menemani berjalan, anjing unik tersebut juga bisa membantu Naveen dalam menjaga barang, bahkan membangunkannya di waktu subuh untuk melanjutkan perjalanan. Mirip dengan pengawal pribadi Naveen.

Naveen, pria India berusia 38 tahun itu pada awal Desember tahun lalu berjalan kaki sendirian dari Distrik Karnataka menuju sebuah kuil yang terletak di Pathanamthitta yang merupakan salah satu kota di Distrik Kerela.

Di pagi hari kedua, Naveen menemukan beberapa ekor anjing liar berada di jalanan yang akan dilewati, dan untuk menghindari serangan yang tak terduga, Naveen mengeluarkan suara lirih dengan maksud memancing mereka menyingkir.

Tetapi salah satu anjing yang berjenis betina yang kemudian diberinya nama Malu itu berbeda dengan yang lain. Ia terus mengikuti Naveen berjalan walau sempat beberapa kali ia usir.

Pada beberapa hari awal, Malu sering berjalan kira-kira 20 meter di depan Naveen sambil sesekali menengokkan kepala ke belakang untuk melihat apakah Naveen masih berada di belakang. Sejak saat itu, Naveen mulai mau menerima Malu, timbul pemikiran bahwa anjing ini mungkin akan terus mengikutinya ke mana pergi.

Naveen mengatakan, Malu itu anjing yang cerdik dan setia. Misalnya ketika dirinya sedang makan atau pergi mandi, Malu dengan setia menunggu dan menjaga ransel bawaannya. Malam hari biasa tidur di sampingnya.

Naveen menuturkan bahwa setiap hari ia akan menempuh perjalanan sejauh puluhan kilometer. Berangkat saat subuh sekitar jam 3 sampai sore hari hingga menemukan kuil untuk beristirahat.

Di suatu pagi hari, entah kenapa alarm ponselnya tidak berbunyi. Naveen belum bangun. Saat itu Malu membangunkan Naveen dengan cara menggigit dan menarik-narik baju yang dipakainya.

Setelah 17 hari berjalan kaki, Naveen akhirnya bisa merealisasikan keinginannya untuk berziarah ke kuil di Pathanamthitta dengan berjalan kaki. Dan hampir sepanjang perjalanan 600 km itu ia ditemani oleh Malu. Dalam perjalanan pulang, Malu juga dibelikan tiket agar bisa naik bis bersama. Naveen mengatakan bahwa Malu tidur sepanjang perjalanan, baru bangun setelah tiba di rumah pada malam harinya.

Malu sekarang bukan lagi anjing gelandangan karena sudah dipelihara oleh Naveen, bahkan sebuah kalung dikenakan pada lehernya untuk memperingati perjalanan luar biasa itu. (Sinatra/unik)

Share

Video Popular