Anda pasti pernah mendengar anak-anak berkata seperti ini pada Anda : Bu, tidak usah terlalu hemat, beli saja apa yang ibu inginkan, jangan selalu tahunya hanya menghemat uang. Ayah, bukankah sudah dibilang jangan merokok, yang terpenting bagi ayah sekarang adalah jaga baik-baik kesehatan ayah.

Sebenarnya, anak-anak tidak ingin berapa banyak uang yang kita miliki, juga bukan ingin berapa banyak yang bisa kita (orang tua) lakukan untuk mereka, harapan terbesar mereka sebenarnya adalah kita bisa menjaga dengan baik kesehatan kita, menemani hidup mereka lebih panjang/lama. Tidak peduli apakah demi anak-anak, atau demi diri kita sendiri, tugas utama kita sekarang adalah merawat/mengurus diri kita dengan baik. Ingat, masa tua kita berada dalam genggaman kita sendiri!

Untuk merawat baik-baik diri kita, maka perlu olahraga yang ideal, olahraga adalah sumber kesehatan, latihan fisik yang baik, tidak mengenal tua meski sudah delapan puluh. Saat jalan-jalan atau olahraga di luar, selain bisa bernostalgia dengan teman-teman, juga bisa menempa fisik kita, sekaligus menghilangkan kesepian, bisa dikata sepanah dua burung.

Namun, pastikan olahraga yang cocok bagi orang tua, sesuaikan dengan kemampuan fisik kita, utamakan olahraga- gerakan dasar, atau gerakan aerobik, jangan coba-coba memaksakan diri. Karena harus merawat/menjaga dengan baik diri kita sendiri, maka perlu makan sedikit lebih baik, makanlah apa pun yang kita inginkan, jangan karena sayang dengan uang, lalu tidak mau membeli makanan yang lebih bergizi. Masih bisa makan (karena sehat tidak sakit-sakitan) itu adalah karunia ketika hidup di dunia. Masak sedikit sup setiap hari, makan segenggam buah berkulit keras (kacang-kacangan), perbanyak makan buah dan sayuran, padukan dengan gerakan-olahraga yang sesuai, selain bisa memastikan kesehatan fisik, sekaligus juga berkah karena bisa menikmati makanan enak!

Tapi harus kontrol berat badan ideal. Untuk merawat diri baik-baik, maka perlu bergaul dengan anak-anak muda, mempelajari hal-hal yang menarik dalam kehidupan, baru, sering-sering berhubungan dengan sesuatu yang baru, misalnya media sosial, peduli dengan urusan negara, pendidikan, perawatan kesehatan, selalu mengikuti perkembangan zaman.

Cukup banyak fisik teman-teman setengah baya jauh lebih baik daripada anak-anak muda, sosok orang seperti ini sekilas terlihat lima puluhan tahun usianya meskipun secara fisiologis usianya sudah 80 tahun! Untuk merawat diri baik-baik, maka perlu menemukan sesuatu (hoby) yang menarik, kita harus mencari kesenangan, memupuk hobi dan minat yang kita sukai, untuk memperkaya kehidupan di masa senja. Seperti misalnya bermain piano, catur, melukis, menanam tanaman, memelihara burung, menyanyi, menari, bermain bola (olahraga ringan), jalan santai, jalan-jalan (rekreasi), baca buku, surat kabar dan aktivitas ringan lainnya.

Selain itu, jangan karena sudah tua, lantas tidak perlu merias diri lagi. Dengan berpakaian yang serasi dan tampak penuh semangat, berpengaruh pada keceriaan jiwa (suasana hati), tampak muda. Untuk merawat diri baik-baik, maka harus selalu ceria setiap hari, semakin tua usia, maka hidup juga harus lebih berwarna, lewati hari demi hari dengan ceria setiap hari, adalah balasan yang terbaik terhadap kehidupan kita!

Untuk teman-teman setengah baya, sekarang adalah waktu terbaik bagi perjalanan hidup kita ! Punya uang, waktu santai, dan juga teman-teman dari tiga generasi parobaya, jadi, nikmatilah hidup ini dengan santai dan sededrhana, karena perjalanan hidup yang sesungguhnya baru saja dimulai!

Merawat dan mengurus baik-baik diri kita sendiri, adalah cara terbaik dalam menghabiskan masa senja, sekaligus merupakan cinta kasih yang terbaik terhadap anak-anak ! (Secretchina

Share
Tag: Kategori: KELUARGA

Video Popular