Para ilmuwa berhasil menemukan galaksi baru yang sama sekali berbeda dengan semua galaksi yang ada. Galaksi yang mengandung struktur cincin ganda yang unik. Sementara teori astronomi saat ini tidak dapat menjelaskan tentang pembentukan, sifat dan karakteristiknya.

Galaksi yang bernama PGC 1000714 itu sebenarnya sudah tampak sejak beberapa tahun lalu dan mulai menarik ilmuwan. Namun, setelah dianalisis secara seksama oleh ilmuwan baru-baru ini, mereka menemukan galaksi tersebut dikelilingi oleh dua cincin tanpa rantai yang menghubungkan kedua cincin tersebut. Galaksi tersebut diprediksi sudah ada beberapa miliar tahun.

Melansir laman Science Alert, pada Kamis (5/1/2017), tipe galaksi yang paling umum diketahui saat ini adalah yang berbentuk cakram dan dikelilingi bintang-bintang dalam formasi spiral, seperti Bima Sakti, atau dalam bentuk elips. Namun ada beberapa galaksi yang bentuknya berbeda, termasuk Hoag’s Object yang memiliki struktur satu cincin.

Struktur galaksi bercincin ganda : Cincin dalam (Merah) dan cincin luar (biru). (Video screenshot)

Patrick Treuthardt, ahli astrofisika dari North Carolina Museum of  Natural Sciences mengamati dengan cermat PGC 1000714 dan menemukan PGC 1000714 ini bukan galaksi yang biasa, tetapi merupakan galaksi yang sangat unik karena memiliki struktur dua cincin.

Satu cincin bagian dalam berwarna merah di sekitar inti galaksi, diperkirakan sudah bersuia 5,5 miliar tahun. Sementara pada lapisan luar terdapat satu cincin warna biru pucat diperkirakan berusia sekitar 1,3 miliar tahun.

“Galaksi tidak teratur yag disertai dengan sebuah cincin itu adalah galaksi sangat langka. Dan galaksi yang memiliki dua cincin ini sangat unik,” kata Patrick Treuthardt.

Galaksi tipe Hoag (Hoag’s Object) mungkin hanya 0,1 persen dari galaksi-galaksi yang bisa terlihat dari Bumi saat ini. Galaksi PGC 1000714 adalah galaksi bercincin ganda yang tidak pernah dibicarakan para astronom.

Dr. Burcin Mutlu-Pakdi, astronom dari Minnesota Institute for Astrophysics, mengatakan, “Warna yang berbeda dari cincin bagian luar dan dalam menunjukkan kalau galaksi tersebut mengalami dua formasi yang berbeda.”

“Hal itu membuat saya kembali melihat alam semesta yang penuh kejutan. Dan terlalu banyak yang tidak kita ketahui di alam semesta,” kata  Mutlu-Pakdi menambahkan.

Menurut Mutlu-Pakdi struktur PGC 1000714 yang unik itu menantang teori dasar astronomi kita yang ada saat ini.

Dan sejauh ini, belum ada ilmuwan yang bisa menjelaskan tentang karakteristik, evolusi dan sifat dari galaksi bercincin ganda ini.  ((Epochtimes/Lin Yan/joni/rmat)

Share

Video Popular