Apa jadinya jika asteroid menabrak Bumi? Mungkin ini adalah hal yang tidak ingin kita bayangkan.

Jika ukuran asteroid sebesar rumah, dengan kecepatan 30 km/jam, maka dampaknya akan seperti sebuah bom atom. Ia bisa meratakan bangunan perkotaan hingga sekitar 1/2 km dari titik pusat benturan.

Senin sore, pada tanggal 9 Januari lalu, sebuah asteroid melintas di dekat Bumi. Yang mengejutkan, ia baru terpantau oleh Catalina Sky Survey Universitas Arizona pada hari Sabtu, 2 hari sebelumnya.

Menurut Slooh, yang menyiarkan kejadian ini secara langsung, asteroid yang dinamai 2017 AG13 ini, memiliki panjang sekitar 15 sampai 34 meter, dan bergerak dengan kecepatan 16 kilometer per detik.

“Ia bergerak sangat cepat, sangat dekat dengan Bumi,” kata Eric Feldman, seorang astronom yang bersama Slooh pada saat siaran langsung pada pukul 19:50 WIB”, seperti dikutip Iflscience.

Objek ini melintas pada orbit planet Venus dan bumi. Ia meluncur pada jarak sekitar setengah jarak antara Bumi ke Bulan.

Saat orang-orang sibuk dengan aktivitas mereka sehari-hari, banyak hal yang terjadi di luar angkasa. Untungnya, asteroid ini tidak tepat mengenai Bumi.

Menurut berbagai bukti geologi, Bumi pernah dihantam sebuah asteroid berdiameter sekitar 10 km pada 65 juta tahun yang lalu. Kejadian ini menghasilkan ledakan besar hingga debunya menutup atmosfer Bumi. Sebanyak 3/4 dari spesies yang ada pada saat itu, termasuk dinosaurus, diperkirakan punah akibat perubahan iklim yang terjadi. (erabaru.net/Dpr)

Share

Video Popular