Oleh Zhang Shuling

Insiden serangan bom yang terjadi di sebuah klub malam di Istanbul, Turki pada malam pergantian tahun telah menyebabkan 39 orang tewas. Media lokal memberitakan bahwa 2 orang warga asal Tiongkok yang diduga sebagai pelaku telah tertangkap.

Media internet Tiongkok ‘Huanqiu’ dan ‘CNN’ AS mengutip pemberitaan kantor berita Turki Anadolu melaporkan bahwa kedua tersangka Omar Asim dan Abulienzi Abuduhamiti yang merupakan warga asal Tiongkok telah tertangkap pihak berwenang.

Sebelumnya pernah diberitakan bahwa 2 orang warga Tiongkok etnis Uighur dilaporkan terlibat dalam inseden tersebut. Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Geng Shuang dalam konferensi pers pada 5 Januari lalu menyebutkan, meskipun pihak berwenang Turki belum merilis hasil penyelidikan, tetapi pihak Tiongkok akan terus memantau perkembangannya.

Laporan menunjukkan bahwa ada 35 orang yang diduga memiliki keterlibatan dengan insiden peledakan klub malan di Istanbul itu telah ditahan untuk pengusutan oleh kepolisian Turki. (Central News Agency/sinatra/rmat)

Share

Video Popular