Seringkali, bukan kafein yang membuat begitu sulit menghilankan kecanduan kopi, tetapi karena minum kopi telah menjadi budaya kita. Kopi adalah ritual banyak orang- seperti obat untuk segera bangun dari tempat tidur di pagi hari dan mulai beraktivitas. Menghilangkan kecanduan kopi tidak selalu merupakan hal yang buruk, minum lebih dari satu cangkir kopi setiap hari dapat menyebabkan dehidrasi, membebani adrenal, dan gelisah. Hal ini terutama terjadi pada orang yang peka terhadap kafein.

Jadi mengapa tidak mempertimbangkan untuk memulai hari Anda dengan minuman yang menyehatkan tubuh dan jiwa? Hangat atau dingin, cobalah salah satu resep berikut ini yang sangat menyehatkan dan mengubah ritual Anda di pagi hari:

1. Teh hijau matcha

Dengan ditambahn sedikit kafein, bubuk teh hijau adalah minuman yang menyenangkan di pagi hari.

Bersumber dari tanaman semak camellia sinensis, daunnya yang keras digiling menjadi bubuk halus. Teh ini mengandung antioksidan dan polifenol yang berfungsi melawan radikal bebas yang merusak DNA dan sel, menurut Dr. Weil.

2. Teh akar dandelion dan akar chicory

Akar dandelion dan akar chicory bermanfaat untuk kesehatan. Akar dandelion adalah pemurni darah yang membantu hati dan ginjal membuang kotoran. Chicory bermanfaat untuk pencernaan dan membersihkan saluran kemih dan hati. Teh ini tampak seperti kopi dan memiliki rasa yang nikmat tanpa kafein.

3. Air dan lemon

Mungkin kombinasi air dan lemon bukan minuman yang paling menarik di dunia, namun tidak berarti kurang efektif. Air dan lemon membersihkan hati dari racun.

4. Teeccino

Teeccino adalah suatu temuan yang luar biasa karena rasanya seperti kopi tetapi terbuat dari tumbuh-tumbuhan, biji-bijian, buah-buahan, dan kacang-kacangan, yang semuanya dipanggang bersama mirip dengan cara mengolah kopi, menurut Dr. Oz. Dan teeccino adalah bebas kafein, sehingga merupakan pilihan yang baik untuk pecinta kopi yang peka terhadap kafein.

5. Teh peppermint

Teh peppermint adalah teh bebas kafein yang bermanfaat untuk meremajakan tubuh. Teh ini dikenal sebagai penyembuh alami dengan cara menenangkan asam lambung dan meredakan mulas. Jika Anda mulai batuk, teh ini membantu mengencerkan dahak.

6. Jus segar

Jus adalah cara yang bagus untuk mengumpulkan nutrisi penting ke dalam satu cangkir jus. Anda akan merasa segar setelah memulai pagi dengan mengonsumsi buah dan sayuran organik yang segar. Coba resep khusus ini:

Morning glory

• 1 jeruk ukuran sedang
• 1 apel ukuran kecil
• 3 buah wortel
• 1 sendok teh jahe
• 1/2 lemon ukuran kecil

Cara: Blender dan nikmatilah rasanya.

7. Green goddess smoothie

Teh green goddess smoothie menggabungkan santan, pisang, buah-buahan, dan kale menjadi smoothie yang kaya gizi.

Resep green goddess smoothie

• 1 cangkir santan
• 1/2 buah pisang
• 1/2 cangkir buah musiman (seperti blueberry, buah persik, pir, dan lain-lain)
• 2 daun kale
• 2 sendok teh madu
• 1 sendok teh spirulina (dalam bentuk bubuk)

Cara: Tuang semua bahan ke dalam blender dan blender sampai halus. Sajikan segera.

8. Teh licorice

Teh licorice memiliki rasa kopi namun tanpa kafein. Licorice telah digunakan dalam makanan karena berkhasiat sebagai obat selama ribuan tahun. Licorice digunakan untuk mengobati sariawan, bisul, eksim, dan infeksi saluran napas atas, dan untuk menurunkan berat badan. Licorice juga dikenal untuk mendukung kesehatan adrenal.

9. Carob

Carob mentah adalah makanan alkali daripada makanan pembentuk asam seperti kopi. Carob adalah anggota keluarga kacang-kacangan dan rasanya seperti campuran kopi dan cokelat. Carob berasal dari semak cemara berbunga dan banyak mengandung protein, asam lemak omega-3, serat, folat, magnesium, dan kalium, dan sejumlah nutrisi lainnya. Coba minuman carob panas ini:

Hot carob

• 1 cangkir susu beras
• 1 sendok makan bubuk carob
• Gula organik, secukupnya

Cara: Panaskan dalam panci dan aduk terus sampai halus dan bebas dari benjolan gelembung.(Epochtimes/Sara Novak/Vivi)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular