Buah semangka akan memberikan kesegaran dan kelezatan di musim panas. Namun, tahukah Anda bahwa biji semangka yang Anda buang saat Anda makan semangka sebenarnya bermanfaat bagi tubuh Anda?

Semangka itu sendiri mengandung banyak mineral dan vitamin yang membantu memberikan nutrisi penting untuk tubuh Anda. Dalam buah semangka terkandung tinggi di biotin, vitamin C, tembaga, kalium, asam pantotenat, magnesium, vitamin B1, vitamin B6, dan vitamin A.

Sedangkan dalam biji semangka mengandung nutrisi, seperti: besi, kalium, mangan, seng, magnesium, fosfor, niacin, folat dan thiamin. Mereka juga membantu mengatasi pengersan arteri, tekanan darah tinggi, angina, dan disfungsi ereksi.

Hal ini karena biji semangka memiliki kandungan antioksidan yang disebut citrulline. Mereka juga membantu untuk mengobati penyakit ginjal dan infeksi saluran kemih.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari biji semangka:

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Karena biji semangka yang tinggi magnesium, mereka bermanfaat untuk kesehatan jantung Anda. Membantu untuk menstabilkan tekanan darah dan juga dapat melindungi jantung .

2. Mecegah penuaan dini

Biji semangka tinggi antioksidan yang dapat meremajakan kembali kulit Anda. Mereka juga dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit Anda dan warna kulit Anda.

3. Mengobati Jerawat

Minyak yang diekstrak dari biji semangka dapat membantu kecerahan kulit Anda, termasuk mengatasi jerawat. Anda dapat menggunakan bola kapas dan hanya menerapkan minyak biji semangka langsung ke wajah Anda. Ini akan meningkatkan kecarahan kulit wajah dan juga membersihkan jerawat Anda dalam waktu singkat.

4. Menghitamkan dan menguatkan rambut

Membuat rambut Anda lebih kuat dan sehat. Hanya memanggang beberapa biji semangka dan memakannya untuk meningkatkan asupan tembaga Anda. Ini akan membantu tubuh Anda untuk memproduksi melanin, yang menghasilkan warna rambut Anda. Makan biji semangka juga akan meningkatkan kadar protein dan asam amino, dengan demikian, memperkuat rambut Anda.

5. Mencegah penyakit jantung

Tinggi asam amino, terutama: lisin dan triptofan. Asam amino membantu melindungi tubuh Anda dari penyakit jantung. Mereka juga mengandung arginine, yang membantu tubuh untuk menstabilkan tekanan darah Anda.

6. Meningkatkan sistem kekebalan Anda

Kandungan magnesium yang tinggi membantu menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat. Ketika sistem kekebalan tubuh Anda kuat, tubuh Anda akan melawan infeksi lebih efektif.

7. Untuk kesuburan pria

Mengandung antioksidan yang disebut lycopene. Antioksidan ini membantu dalam kesehatan sistem reproduksi laki-laki, khususnya, kesuburan.

8. Memerangi diabetes

Membantu mengatur kadar gula darah Anda, sehingga, menjaga diabetes Anda di bawah kontrol. Rendam biji semangka dengan satu liter air panas, biarkan mereka duduk selama sekitar empat puluh lima menit. Kemudian, minum air untuk membantu mengatur kadar gula darah Anda.

9. Pelembab kulit

Mengandung asam lemak yang membantu untuk melembabkan kulit Anda dan tetap lembut dan bebas dari pecah-pecah dan bintik-bintik kering.

10. Meghitamkan rambut

Mengandung banyak mineral, termasuk tembaga, yang membantu untuk menghasilkan melanin. Melanin bertanggung jawab untuk memberikan rambut rambut dan warna kulit Anda. Mencegah warna rambut dan kulit Anda memudar.

11. Mencagah rambut pecah

Seperti disebutkan sebelumnya, biji semangka memiliki kandungan tinggi asam lemak. Asam ini menyediakan tubuh Anda dengan nutrisi penting. Anda bahkan dapat menggabungkan minyak semangka dengan minyak lain, seperti minyak kelapa. Setelah mereka dicampur, Anda dapat memijat campuran ke rambut Anda dan ke kulit kepala Anda. Hal ini akan memperkuat rambut dan mencegah rambut pecah.

Anda dapat mengonsumsi biji semangka dengan beberapa cara, dapat dengan merebus, memanggang, diblendera. Anda bahkan dapat membuatnya sebagai  teh..

Resep untuk teh biji semangka:

– Giling empat sendok makan biji semangka segar.
– Rebus biji semangka dalam 2 liter air selama sekitar 15 menit.
– Konsumsi setiap 2 hari sekali.
– Ulangi perawatan ini untuk beberapa minggu ke depan (Natural Cures/Yant)

Share

Video Popular