Kebersihan mulut yang baik sangat besar pengaruhnya untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Tidak hanya karena menyikat gigi dan flossing (membersihkan gigi dengan menggunakan benang gigi) menyebabkan senyum yang sehat, namun kebersihan mulut juga mempengaruhi banyak kondisi kesehatan yang lain.

Ada banyak penelitian yang mendukung hubungan antara kesehatan mulut dengan kondisi kesehatan lainnya seperti diabetes, penyakit jantung dan bahkan penyakit ginjal. Pastikan gigi dan gusi Anda adalah sehat. Penelitian baru-baru ini menemukan hubungan antara penyakit gusi dengan gejala prostat.

Apa Itu prostatitis?

Prostatitis adalah suatu kondisi pembengkakan dan pembesaran prostat. Prostat adalah kelenjar yang terletak di atas kandung kemih pria, yang memproduksi air mani dan mengangkut sperma. Prostatitis dapat menyebabkan nyeri dan mengalami kesulitan saat buang air kecil. Jika prostatitis disebabkan oleh infeksi bakteri, maka dapat diobati dengan antibiotik.

Hubungan antara penyakit gusi dengan gejala prostatitis

Penelitian baru diterbitkan dalam jurnal Dentistry dan mengungkapkan hubungan antara penyakit gusi dengan gejala prostatitis. Dua puluh tujuh pria yang berusia di atas 21 tahun yang menderita prostatitis dan penyakit gusi berpartisipasi dalam penelitian tersebut.

Peserta penelitian menerima pengobatan untuk penyakit gusi yang dideritanya yang ditemukan oleh peneliti membaik dalam waktu empat minggu sampai delapan minggu. Sementara itu tidak ada pengobatan diajukan untuk gejala yang berhubungan dengan prostatitis. Meskipun demikian, 21 dari 27 pria menunjukkan perbaikan gejala prostatitis saat menjalani pengobatan penyakit gusi.

Peneliti percaya kebersihan mulut yang buruk dapat menyebabkan peradangan di bagian lain dari tubuh. Peneliti berpikir inilah alasannya mengapa peserta penelitian menunjukkan perbaikan gejala prostatitis.

Cara meningkatkan kebersihan mulut

Mungkin Anda pikir bahwa semakin tua maka kesehatan mulut tidak begitu penting – sebenarnya kesehatan mulut sangat penting. Bahkan jika Anda memiliki gigi palsu atau veneer, luangkan waktu untuk merawat kebersihan mulut untuk mencegah penyakit lebih lanjut di kemudian hari.

Berikut adalah beberapa tips dasar tentang cara melakukan kebersihan mulut yang baik untuk mendapatkan kesehatan yang baik.

• Sikat gigi minimal dua kali sehari selama minimal dua menit.
• Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.
• Bersihkan gigi dengan menggunakan benang setiap hari.
• Makan makanan yang kaya zat gizi.
• Jangan merokok.
• Periksakan gigi secara teratur.
• Kurangi makan makanan manis atau mengandung tepung.

Dengan mengikuti tips ini, Anda mencegah terjadinya kebersihan mulut yang buruk, terutama penyakit gusi, yang dapat menyebabkan penyakit di kemudian hari.( Epochtimes/Victor Marchione /Vivi)

Share

Video Popular