Menurut legenda, makhluk misterius Kongamato mungkin bisa melesat (terbang menukik) setiap saat dari langit, dan menyerang kapal yang tengah berlayar.

Konon katanya makhluk misterius ini suka menggali kuburan manusia, menyantap (daging) manusia yang sudah membusuk.

Pada 1923, “African witchcraft”,  yang dipublikasikan petualang Frank Melander seketika meningkatkan ketenaran Kongamato. Menurut gambarannya, Kongamato adalah makhluk bertubuh besar, mata merah, memiliki sayap dan paruh yang dipenuhi dengan gigi.

Jauh di pedalaman hutan di Pulau Jawa, Indonesia, mungkin Anda pernah mendengar suara raungan yang aneh di malam hari. Suara yang menyeramkan ini konon katanya berasal dari Ahool (hewan seperti kelelawar raksasa) yang sedang mencari makanan.

Menurut legenda, ukuran Ahool sebesar anak berumur satu tahun, memiliki cakar yang tajam dan sayap raksasa sekitar 10 kaki (3 meter) saat dibentangkan, dua kali lebih lebar dari Kalong Ryukyu. Kalong Ryukyu dikenal sebagai kelelawar terbesar di dunia.

(Kiri) Impundulu atau Burung Petir dan Burung raksasa. (Internet)

Impundulu adalah makhluk mitologi dalam cerita rakyat dari para suku di bagian Afrika Selatan, seperti suku Pondo, Zulu, dan Xhosa. Makhluk ini berwujud seperti seekor burung berbulu hitam putih dengan ukuran tubuh sebesar manusia.

Makhluk ini memiliki kemampuan menciptakan petir dan kilat dengan sayap dan cakarnya. Arti nama Impundulu itu sendiri adalah burung petir. Impundulu ini digambarkan sebagai makhluk yang menyerupai vampir karena terlalu haus akan darah. Ia menyerang mangsa dengan meminum darahnya.

Di antara makhluk misterius dari keluarga burung berukuran raksasa, yang paling terkenal adalah Rocs/Rukh dan Thunderbird. Menurut legenda, dua koboi dari Arizona, AS, memanah hingga mati seekor burung raksasa  28 m, dengan bentangan sayap sekitar 58 meter.

Pada 1977, seorang ibu di Illinois mengaku bahwa anaknya yang berusia 10 tahun dicengkram/dibawa oleh seekor burung raksasa, kemudian melepaskannya dari ketinggian sekitar 6 meter dari udara. Dan ada kalanya terdengar rumor seperti percobaan penculikan oleh burung raksasa.

(Kiri) Kongamato, makhluk misterius bersayap yang hidup di hutan Afrika. (Kanan) Ahool, makhluk yang memiliki kepala seperti monyet atau kera dengan mata besar berwarna hitam. (Internet)

The Jersey Devil atau Iblis Jersey adalah makhluk misterius yang bisa terbang, berbagai ciri hewan tampak terlihat di sekujur tubuhnya. Mereka memiliki kepala seperti kepala kambing, sayap kelelawar, lengan, cakar dan kuku seperti Kangguru.

Selain itu juga memiliki ekor seperti garpu. Dalam legenda penduduk asli benua  Amerika, sekelompok pemburu pernah mencoba menemukan Iblis Jersey untuk menghukum perilaku mereka yang menyerang ternak. Namun karena gagal, akhirnya pencarian ini pun dihentikan.

St. Elmo’s Fire / Api Santa Elmo dan Mothman. (Internet)

Selama ini, para penyelam menganggap St. Elmo Fire atau Api Santa Elmo sebagai manifestasi dari kuasa Tuhan. Dalam mitologi Filipina, fenomena alam yang ganjil ini, Corona discharge/Lucutan Corona dari dalam medan listrik yang kuat dari objek tersebut dikenal sebagai “Santa Elmo,” memiliki sisi yang lebih menyeramkan.

Beberapa orang Filipina dengan tegas mengatakan bahwa lingkaran Santa Elmo, konon katanya adalah roh dari para korban (tewas) tenggelam, sebaiknya dihormati dan dijauhi.

Pada 1966 dan 1967, ada yang mengklaim melihat Mothman di Virginia Barat. Mothman adalah sejenis makhluk supranatural, dan menurut mereka yang percaya, Mothman mungkin suatu makhluk supranatural atau E.T. Sementara bagi mereka yang skeptis menganggap bahwa itu tak lebih dari kerjaan orang iseng semata.

Asal muasal legenda tentang Mothman ini bersumber dari mereka yang keliru menafsirkan burung sebagai makhluk misterius ini. Sementara itu, menurut ahli Biologi Robert Smith, barangkali Mothman itu adalah sejenis spesies Grus canadensis (Sandhill Crane). (Secretchina/Ye Yu Huan/joni/rmat)

Share

Video Popular