Oleh Zhang Xiaowen

Pihak berwenang dari Australia, Malaysia, Tiongkok telah bersepakat untuk menangguhkan  pencarian pesawat penumpang Malaysia Airlines MH-370 di dasar laut Samudra Hindia karena tidak berhasil menemukan keberadaan pesawat dalam 3 tahun pencariannya.

Agence-France Presse melaporkan, pesawat penumpang MH-370 yang membawa 239 orang penumpang beserta awak pesawat sedang dalam penerbangan dari Kuala Lumpur menuju Beijing pada 8 Maret 2014 dan tiba-tiba hilang kontak.

Baik pihak berwenang dari Australia, Malaysia dan Tiongkok mengeluarkan pernyataan yang isinya menyangkut pencarian di bagian selatan Samudra Hindia yang sudah dilakukan selama 3 tahun dengan luas 120.000 km persegi tetapi tidak menemukan hasil.

Pernyataan juga menyebutkan bahwa meskipun sudah mengerahkan segala kemampuan pengetahuan, menggunakan teknologi mutahir, model dan mengadopsi saran yang diberikan oleh profesional yang membidangi industri terkait. Namun sangat disayangkan bahwa operasi pencarian masih tidak dapat menemukan keberadaan pesawat. Oleh karena itu, operasi pencarian MH-370 ditangguhkan untuk sementara waktu.

Sementara itu berita BBC menyebutkan bahwa keluarga korban ada yang merasa tidak puas dan mengatakan bahwa penghentian pencarian termasuk tindakan yang tidak bertanggung jawab dan meminta untuk dipertimbangkan lebih jauh. (Central News Agency/Sinatra/rmat)

Share

Video Popular