Tahun baru telah terlewati, namun masih belum terlambat untuk merefleksikan tahun sebelumnya dan menyambut masa depan. Ini juga waktu yang bagus untuk menelaah masalah kesehatan Anda dan menetapkan beberapa tujuan untuk mencapai hidup sehat dan seimbang juga panjang umur.

Untuk memaksimalkan energi Anda tahun ini, lihatlah alam sebagai panduan. Sebagai contoh, tanaman agar dapat panjang umur, diperlukan akar yang kuat – akar yang dapat menyerap nutrisi dan air dari lingkungannya serta memberikan kekuatan untuk kelanjutannya.

Mengapa ginjal memegang peranan penting dalam kesehatan dan umur panjang

Fisiologi modern melihat fungsi utama ginjal sebagai saringan untuk menghilangkan limbah dalam darah dan mengeluarkannya menjadi urin. Pengobatan Tiongkok juga mengakui fungsi penyaringan ini, tetapi juga melihat ginjal memiliki fungsi yang lebih mendalam, yakni memperbaiki dan melindungi saripati kehidupan kita.

Menurut Brandon LaGreca, praktisi akupunktur dan pengobatan tradisional di East Troy, Wisconsin, konsep ginjal ini hampir sama dengan pemahaman modern tentang adrenal, suatu kelenjar kecil tapi perkasa yang ada di atas ginjal. Kelenjar adrenal memproduksi 50 hormon yang mengatur perkembangan, pertumbuhan, reproduksi, peradangan, tekanan darah, gula darah dan hampir seluruh proses dalam tubuh kita.

Karena adrenal memproduksi hormon, adrenal dikategorikan sebagai bagian dari sistem endoktrin dalam kedokteran Barat. Tetapi konsep ginjal dalam Pengobatan Tradisional Tiongkok (PTT) mengakui beberapa proses penyakit yang sama.

“Seseorang yang kekurangan energi, didiagnosa memiliki kekurangan Qi ginjal. Ini hampir menyerupai seseorang dengan adrenal yang lelah,” jelas Brandon.

Dua rekening bank

Berdasarkan literatur paling awal dari pengobatan Tiongkok menggambarkan saripati hidup kita sebagai substansi yang disebut sebagai Jing (dibaca: cing). Dokter tradisional percaya bahwa manusia dapat mencapai umur panjang dengan belajar melestarikan substansi berharga ini.

Ada dua jenis Jing: sebelum lahir dan setelah lahir. Anda dapat membayangkannya seperti dua rekening bank. Jing setelah lahir – energi yang didapatkan dari makan, minum dan napas adalah rekening giro, yang secara terus menerus Anda simpan dan tarik untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Jing sebelum lahir adalah rekening tabungan, yang didapatkan dari warisan orang tua. Ini adalah cadangan energi yang hanya digunakan ketika benar-benar dibutuhkan. Tidak seperti rekening giro, dimana Anda dapat memasukkan simpanan ketika dana tinggal sedikit, apa yang Anda tarik dari rekening ini tidak dapat digantikan.

“Jika Anda memiliki kebiasaan dan jadwal tidur yang baik, Anda hanya melakukan simpan dan tarik dari rekening giro,” jelas Brandon. “Tetapi jika Anda menyalakan lilin di dua sisi dan mengonsumsi asupan yang buruk, Anda harus mengambilnya dari rekening tabungan dan terus mengambilnya lebih banyak lagi. Jika Anda mengikuti analogi ini maka bisa ditarik kesimpulan, ketika rekening tabungan sudah tidak bersisa lagi, itulah saatnya hidup Anda berakhir.”

Tidak semua orang mengawali hidup ini dengan warisan yang besar. Individu dengan genetik yang kuat, lahir di dunia dengan porsi Jing yang lebih banyak, sedangkan yang lainnya lebih sedikit. Tetapi tidak menjadi masalah berapa Jing yang Anda punya, semua orang dapat belajar bagaimana melindungi dan melestarikan Jing yang mereka miliki.

Menghemat energi untuk musim dingin

Musim dingin adalah musim yang terkait dengan ginjal dalam pengobatan Tiongkok karena musim dingin mengajarkan pentingnya menghemat energi. Tidak seperti kehangatan dan kelimpahan selama musim semi dan panas, musim dingin sangatlah dingin dan keras, dengan sumber daya alam yang terbatas. Jika kita memiliki Jing yang cukup ketika masa sulit datang, kita dapat bangkit kembali. Akan tetapi, jika Jing rendah, dan kondisi stres akan menarik dana dari rekening tabungan, pemulihan menjadi sulit dan tanda-tanda penuaan mulai muncul. Gejala khas usia tua – kelelahan, rambut rontok, punggung sakit, dan tulang rapuh – juga menjadi tanda Jing yang berkurang.

Mengambil contoh cepat menghilangnya Jing seperti apa, dapat terlihat dari gambar orang yang “sebelum” dan “setelah” kecanduan narkoba, obat-obatan yang memicu kelenjar adrenal untuk mengeluarkan hormon stres tingkat tinggi dalam periode yang panjang. Dalam waktu beberapa bulan, Anda dapat lihat kemudaan dan vitalitas berkurang karena narkoba telah membakar saripati mereka.

Ini adalah contoh ekstrim, tetapi ada juga lainnya, perilaku umum, yang dari waktu ke waktu, dapat mengambil Jing yang berharga.

“Yang terbesar, yang terlama adalah kerja berlebihan,” tutur Brandon. “Mental kerja yang berlebihan dianggap merusak limpa dalam pengobatan Tiongkok, tetapi saya lihat di masa modern ini juga merusak ginjal, kebanyakan hanya dikarenakan seberapa banyak kita melakukannya.”

Tidur adalah aspek penting untuk melestarikan Jing. Istirahat mengisi kembali baterai Anda. Juga aktivitas yang berkaitan dengan musim dingin seperti hibernasi, atau bagaimana energi dari pohon turun ke akar-akarnya setelah daunnya gugur.

Mengultivasi hidup

Fungsi reproduksi adalah bagian penting dari konsep ginjal dalam PTT. Kesuburan adalah tanda Jing yang baik, tetapi dokter tradisional memberikan peringatan keras mengenai membuang sumber reproduksi. Dalam teks pengobatan Tiongkok, secara keras mengingatkan akan bahaya aktivitas seksual yang berlebihan, terutama pada pria.

Ketika beberapa budaya mencegah perilaku tersebut dari aspek moral, pengobatan Tiongkok memberikan alasan dari segi praktis.

“Jika Anda memikirkan hal ini, produksi sperma menguras banyak dari tubuh Anda,” jelas Brandon. “Anda telah mengambil cadangan nutrisi untuk memproduksi kualitas dan kemungkinan terbaik bagi keturunan. Ejakulasi beberapa kali lebih banyak daripada kemampuan ginjal, dapat mengambil cadangan Anda.”

Pengobatan Tiongkok percaya bahwa dengan meminimalkan ejakulasi, pria dapat melindungi Jing-nya. Inilah mengapa seorang dokter dari Dinasti Ming, Zhang Huang, menulis,”Jika Anda ingin melindungi sumber umur panjang Anda, tidak ada cara terbaik selain menjaga diri Anda terhadap keinginan seksual”.

Kita telah mengorbankan Jing kita untuk menciptakan generasi baru, dan kaum ibu memberikan lebih banyak lagi ketika hamil. Pengobatan modern mengakui bahwa wanita memerlukan istirahat dan nutrisi lebih ketika mengandung bayi, tetapi pengobatan Tiongkok mengakui bahwa para ibu memerlukan beberapa bulan istirahat dan makanan bergizi setelah melahirkan, untuk membantu membangun kembali cadangan pribadi mereka. (Epochtimes/Conan Milner/Vivi)

Bersambung

Share

Video Popular