Badan Antariksa Amerika Serikat NASA pada Senin (16/1/2017) mengumumkan bahwa astronot AS yang dijuluki “Orang terakhir di bulan,” Eugene Cernan telah meninggal dunia di usia 82 tahun.

Eugene Cernan yang juga merupakan astronot AS paling awal berjalan di permukaan bulan menutup mata di depan anggota keluarga yang mengelilinginya.

Cernan bersama astronot AS lainnya Harrison Schmitt turun dari pesawat ruang angkasa Apollo 17 lalu menginjakkan kaki di permukaan bulan pada 11 Desember 1972.

Hanya ada 10 orang yang kesemuanya adalah astronot AS yang pernah menginjakkan kaki di permukaan bulan. Tetapi setelah itu hingga saat kini, belum ada lagi astronot yang ke bulan sehingga ia menjadi astronot yang terakhir kali.

Pada hari ketiga pendaratan di bulan tahun itu, Cernan dan Schmitt selama 22 jam mengendarai kendaraan bulan, menempuh perjalanan sejauh 30 km untuk melakukan penyelidikan terhadap kawah-kawah yang terdapat di permukaan bulan dan mengumpulkan 100 kg bebatuan untuk dibawa ke bumi. (ET/Sinatra/rmat)

Share

Video Popular