Sebuah gedung bangunan bersejarah yang terletak di ibukota Teheran terbakar hebat pada Kamis (19/1/2017). Gedung itu runtuh ketika lebih dari 200 orang anggota pemadam kebakaran (Damkar) sedang memadamkan api. Sedikitnya 75 orang ditemukan tewas dan masih ada 70 orang lainnya yang terperangkap dalam reruntuhan.

Media Iran memberitakan, gedung bersejarah tersebut dibangun pada awal 1960-an. Gedung  merupakan gedung lambang modernisasi kota dan menjadi bangunan bertingkat tertua di kota Teheran.

Gedung yang diberi nama Plasco Building tersebut memiliki 17 lantai, berdampingan dengan sejumlah bangunan yang digunakan sebagai kantor kedutaan berbagai negara asing dan kantor-kantor bisnis.

Sekitar pukul 08.00 waktu setempat, Kamis  (19/1/2017) itu, api tiba-tiba melalap gedung saat sejumlah toko di dalam gedung itu memulai kegiatan dan agen-agen perjalanan beserta turis yang mereka bawa sedang berkeliling meninjau di dalam gedung tersebut.

Untuk memadamkan api dinas pemadam setempat mengerahkan lebih dari 200 orang petugas pemadam ke lokasi kebakaran. Sebelum gedung itu runtuh, sudah ada 38 orang petugas pemadam yang terluka dan dikeluarkan dari lokasi.

Hingga berita tersebut diturunkan, berita yang dilaporkan media Iran menyebutkan bahwa sedikitnya 75 orang yang tewas karena runtuhnya gedung. Pejabat pemerintah mengatakan, masih ada sedikitnya 70 orang petugas yang terperangkap belum ditemukan. (NTDTV/Sinatra/rmat)

Share

Video Popular