Lapangan Tiananmen 4 Juni 1989 dalam Dokumen Rahasia CIA yang Baru Dirilis

471
Dokumen rahasia CIA mengungkapkan bahwa 300.000 tentara Rakyat Tiongkok dilibatkan dalam penindasan mahasiswa di Lapangan Tiananmen pada 4 Juni 1989. (internet)

Sedikitnya ada 70 ribu dokumen rahasia yang dirilis CIA baru-baru ini merupakan dokumen yang berkaitan dengan kejadian di Tiongkok. Dengan menggunakan fungsi pencarian online yang disediakan oleh website CIA, setiap pengguna internet dapat menuliskan kata kunci “China” untuk mencari dan menelusuri dokumen yang dikehendaki.

Di antaranya ada dokumen tentang peristiwa pembantaian mahasiswa di Lapangan Tiananmen tahun 1989.

Pada 18 Januari 2016, CIA lewat website mereka telah merilis sekitar 930.000 dokumen rahasia setebal 13 juta halaman tentang peristiwa penting yang terekam antara 1940 – 1990 yang meliputi catatan rahasia berkaitan dengan Perang Dingin, Perang Korea, Perang Vietnam dan sebagainya.

Dokumen rahasia yang berkaitan dengan Tiongkok itu di antaranya adalah informasi tentang situasi eksplorasi China Petroleum. Informasi tentang pembangunan rel KA, bandara dan fasilitas militer Tiongkok.

Negosiasi terkait isu kelautan antara Tiongkok dengan AS. Perkembangan militer Tiongkok. Kontrol kantor perdagangan Tiongkok selatan terhadap nilai tukar mata uang. Laporan tentang kelaparan hebat yang terjadi di wilayah Tiongkok tengah dan selatan. Penindasan terhadap mahasiswa di Lapangan Tiananmen pada 4 juni 1989 dan lain sebagainya.

Diungkapkan dalam dokumen rahasia tentang peristiwa Lapangan Tiananmen bahwa Partai Komunis Tiongkok telah mengerahkan 300.000 tentara untuk berpartisipasi dalam darurat militer dan operasi pembersihan pendemo dari Lapangan Tiananmen.

Meskipun kebanyakan anggota tentara pada saat itu tidak bersedia untuk melakukan kekerasan terhadap para mahasiswa dan warga sipil kota Beijing, tetapi akhirnya hanya Tentara Rakyat Tiongkok yang tergabung dalam kelompok 38 yang menolak perintah dan tidak ikut dalam operasi permbersihan.

Kabarnya, banyak putra putri dari para komandan kelompok 38 tersebut berpartisipasi dalam unjuk rasa di lapangan Tiananmen saat itu, itu mungkin menjadi alasan mereka untuk menolak penindasan. Mayor Jenderal Xu Qinxian karena itu dipecat dari keanggotaan PKT dan dihukum penjara selama 5 tahun.

Dokumen rahasia juga mengungkapkan, pada saat operasi pembersihan lapangan berlangsung, ada beberapa tentara terlibat dalam saling baku tembak, meskipun tidak dijelaskan alasan mereka berselisih.

Sebagaimana yang diatur oleh ‘Freedom of Information Act’ bahwa badan intelijen AS perlu meninjau kembali dokumen-dokumen rahasia yang sudah melampaui 25 tahun dan kembali mendefinisikan tingkat kerahasiaannya sebelum dirilis kepada umum. CIA kali ini juga merilis semua dokumen rahasia sesuai dengan aturan yang berlaku itu. (NTDTV/Sinatra/rmat)