Tahun baru telah terlewati, namun masih belum terlambat untuk merefleksikan tahun sebelumnya dan menyambut masa depan. Ini juga waktu yang bagus untuk menelaah masalah kesehatan Anda dan menetapkan beberapa tujuan untuk mencapai hidup sehat dan seimbang juga panjang umur.

Menutrisi tulang Anda

Kita makan untuk mengisi energi, tetapi menurut Mary Rogel, seorang akupunktur dari Chicago dan editor Oriental Medical Journal, kualitas Jing kita sebagus kualitas bahan bakar kita.

“Makanan bergizi, air bersih, dan udara bersih sangatlah kritis untuk mengobati lemahnya ginjal,” papar Mary.

Dalam pengobatan Tiongkok, kesehatan internal tubuh kita tercermin di permukaan. Barometer klasik untuk menilai kekuatan ginjal dapat terlihat pada kualitas tulang, gigi, dan rambut. Postur tubuh lurus dan kokoh, senyum cerah dan rambut tebal adalah tanda Jing yang bagus.

Inilah alasan mengapa agar memperkuat ginjal, Mary menyarankan untuk menutrisi tulang Anda. Salah satu pilihan utamanya adalah kaldu tulang.

“Sup tulang memberikan kekuatan bagi tulang, tulang rawan dan cairan sinovial untuk sendi kita,” imbuhnya, dan menambahkan bahwa sayur-sayuran juga memberikan vitamin dan mineral yang penting bagi kesehatan tulang. “Dua hal ini jauh lebih baik untuk membangun kesehatan ginjal daripada mengonsumsi jenis suplemen apa pun.”

Garam adalah komponen penting lain dari nutrisi ginjal dalam pengobatan Tiongkok. Garam mendapat banyak sorotan sekarang ini, karena efek sodium terhadap tekanan darah, tetapi tubuh kita memerlukan banyak mineral yang terdapat dalam garam, jelas Mary. Dia merekomendasikan garam kaya mineral dari sumber laut, seperti rumput laut dan garam laut.

Terdapat ramuan dalam pengobatan Tiongkok yang dikenal sebagai tonik ginjal yang dikenal akan kemampuannya dalam membangun Jing. Saat ini, ramuan tersebut dikategorikan sebagai adaptogen, karena dapat membantu tubuh beradaptasi dengan stres. Ramuan seperti ginseng, akar licorice dan rehmannia digunakan oleh ahli herbal modern terutama untuk mendukung kesehatan adrenal.

Ramuan favorit Mary untuk membangun Jing adalah jamur obat. Dia merekomendasikan jamur klasik Asia seperti reishi, shiitake, dan maitake dan juga variasi Amerika asli yang disebut Agaricus blazei.

“Saya menyarankan jamur bagi mereka yang mengeluhkan energi rendah. Ini adalah sumber yang bagus untuk energi ginjal,” papar Mary.

Jamur omelet juga bagus bagi pemula, tetapi jika Anda ingin mencoba membangun kembali Jing yang telah hilang, diperlukan lebih banyak dosis konsentrat jamur. Teh, ekstrak dan bubuk jamur adalah pilihan bagus untuk mendapatkan kuantitas yang cukup tinggi bagi tubuh.

Berolahraga dengan alam

Cara lain untuk mempertahankan Jing yang bagus dalam pengobatan Tiongkok adalah dengan latihan khusus yang disebut dengan Qigong (baca: ji kung). Salah satu yang paling terkenal adalah Taichi. Gerakan lembut dan meditatif ini telah dipraktekkan sejak dahulu untuk meningkatkan panjang umur dan menguatkan akar manusia. Menurut teks pengobatan kuno, latihan ini memberikan kita kesempatan untuk mengharmoniskan diri kita dengan alur alami alam semesta.

“Kami telah melakukan berbagai studi mendalam yang menunjukkan Taichi berefek terhadap keseimbangan dan bahkan dapat memengaruhi densitas tulang,” jelas Brandon LaGreca. “Ini mungkin saja karena dapat membuat orang lebih sehat dan kuat. Atau mungkin karena menarik energi alam semesta di sekitar Anda.”

Mary juga menyarankan berlatih Qigong bagi yang lemah ginjal, tetapi juga berkata gerakan apa pun dapat membantu. “Agar mempertahankan tulang yang kuat, Anda harus bergerak,” imbuhnya.

Ketakutan adalah musuh

Emosi adalah pemicu penyakit yang penting dalam pengobatan Tiongkok dan ketakutan adalah emosi yang memengaruhi ginjal. Ketika Jing rendah, kecemasan mudah muncul. Ketika Jing kuat, kemauan dan tekad juga kuat.

Ide ini juga dapat dilihat dalam pengobatan modern. Salah satu hormon yang diproduksi oleh kelenjar adrenal adalah adrenalin. Hormon ini muncul ketika kita merasa dalam bahaya, memicu respon untuk siaga.

Mekanisme ini bekerja bagus ketika diaktivasi dalam situasi hidup atau mati, tetapi jika kita selalu hidup dalam ketakutan dan kecemasan, tingkat adrenalin tidak akan pernah turun. Jika kita selalu merasa bahaya, dapat membuat kita lelah.

Ginjal Yin dan Yang

Selain untuk menyimpan Jing, ginjal juga merupakan akar dari Yin dan Yang dalam tubuh (Yin dan Yang adalah sepasang kekuatan bertentangan yang menari seimbang dalam alam semesta.)

Untuk mendapatkan ide bagaimana kekuatan ini bekerja, Mary menyarankan untuk menganggap ginjal sebagai tungku uap tubuh: Yin adalah air, Yang adalah api. Ini adalah energi yang mendorong pertumbuhan, perkembangan dan reproduksi.

“Api adalah kekuatan yang mendorong kita melalui kehidupan dan memungkinkan kita untuk mengonsumsi makanan ke dalam tubuh kita. Air menyeimbangkan api. Keseimbangan antara elemen ini yang membuat kita sehat menjalani hidup,” paparnya.

Tidak cukup api (Yang ginjal lemah) menghasilkan gejala seperti pinggang lemah, tangan dan kaki yang dingin, asma dan bronkitis kronis.

“Pikirkan mengenai orang tua yang bungkuk dan memerlukan tongkat,” jelas Brandon. “Dia tidak memiliki hal yang dapat membuatnya berdiri tegak. Terutama jika dia bekerja keras dalam kehidupannya, ini telah mengambil semua api dalam dirinya.”

Tidak cukup air (Yin ginjal lemah) menghasilkan gejala seperti kekeringan, keriput, rambut rontok, kurang cairan seksual dan tulang rapuh.

“Kami melihat Yin lemah banyak terjadi pada wanita ketika tua. Ini terjadi dalam gejala menopause seperti panas dan keringat malam,” kata Brandon.

Kebijakan kuno dalam hidup modern

Di tahun baru ini, di dunia yang penuh tantangan tanpa akhir, kita dapat mengacu pada kebijakan kuno yang telah membimbing manusia selama berabad-abad.

Ketika Jing kita banyak dan Yin-Yang seimbang, kita akan lebih mudah melewati rintangan dalam hidup. Ini adalah rahasia dari “keabadian” mitos Tiongkok. Mereka yang melindungi kesehatan ginjal mengatakan akar dari kebijakan ini benar adanya. (Epochtimes/Conan Milner/Vivi)

Selesai

Share

Video Popular