Tidur adalah obat yang terbaik. Ia dapat memulihkan, memperbaiki, dan meremajakan tubuh. Oleh karena itu, tidur malam yang baik adalah kunci untuk tingkat seseorang dari fungsi, kesehatan, dan umur panjang. Kebiasaan tidur yang sehat melibatkan siklus tidur dan bangun yang teratur, serta memberikan kualitas tidur di malam hari dan kewaspadaan di siang hari.

Kunci untuk tidur yang sehat

Untuk memastikan tidur malam yang baik, iptek kekinian yang berdasarkan penelitian menyimpulkan beberapa saran. Saran ini disebut sebagai higiene tidur. Ini adalah komponen kunci untuk tidur yang sehat:

•Pertahankan jadwal tidur yang teratur. Bahkan ketika Anda tidur larut malam, cobalah bangun pada waktu yang sama di keesokan harinya untuk menjaga ritme tubuh.

• Rencanakan waktu yang cukup untuk mendapatkan tidur selama tujuh hingga delapan jam. Hindari menghabiskan waktu di tempat tidur ketika Anda tidak dapat tidur dan tidurlah saat istirahat di siang hari.

•Hindari menggunakan perangkat elektronik, menonton televisi, atau membaca buku di tempat tidur. Yang dibutuhkan tubuh saat di tempat tidur hanyalah tidur.

•Hindari mengonsumsi makanan berat, minum stimulan seperti teh, kopi, atau cokelat, melakukan olahraga berat, atau melakukan percakapan emosional sebelum tidur.

•Buatlah kamar tidur sebagai tempat yang santai dan tenang. Menjaga suhu kamar yang nyaman; seharusnya tidak terlalu panas atau terlalu dingin.

•Dapatkan paparan cukup sinar Matahari pada siang hari, dan cobalah untuk membuat kamar tidur benar-benar gelap di malam hari.

Waktu ideal untuk tidur

Dalam Pengobatan Tradisional Tiongkok (PTT) , tidur malam yang baik juga dianggap penting bagi kesehatan. Selain saran yang menawarkan pengobatan modern,PTT menekankan pentingnya tidur di malam hari.

Waktu ideal untuk tidur adalah pukul 21:00 hingga 23:00. Ini adalah waktu ketika energi tubuh (qi) beredar ke meridian tiga pembakar (san jiao), suatu konsep unik dari PTT. Tiga pembakar melibatkan fungsi organ di dada, perut, dan panggul.

Pembakar atas menyebar oksigen dan darah ke seluruh tubuh. Pembakar tengah menyerap, memetabolisme, dan mengubah makanan menjadi nutrisi bagi tubuh. Pembakar bawah menyerap kembali air dan menghilangkan limbah dari sistem.

Oleh karena itu, fungsi tiga pembakar menentukan fungsi normal tubuh. Dan sangat penting kita merawat tiga pembakar tersebut.

Energi bersirkulasi melalui sistem organ yang berbeda setiap dua jam. Karena ada 24 jam dalam sehari, maka ada 12 tahapan siklus energi. Selama fase terakhir dari 12 tahap, tubuh memasuki fase pemulihan.

Dari pukul 23:00 sampai 03:00, energi bersirkulasi melalui kantung empedu dan hati, seperti yang dibahas dalam artikel bagian ke- 2.

Dalam pengobatan Tiongkok, kantung empedu dan hati mengatur pencernaan, memelihara jaringan ikat (seperti ligamen sendi), mengatur suasana hati dan tidur, mendukung kesehatan tulang, serta mengatur menstruasi dan reproduktivitas.

Memiliki tidur yang lelap selama pukul 23:00 hingga 03:00, akan membantu mencegah sejumlah masalah kesehatan, seperti migrain, fibromyalgia (penyakit yang membuat penderitanya mengalami rasa sakit di sekujur tubuh), depresi, kecemasan, sindrom iritasi usus, sindrom pramenstruasi, kemandulan, fibroid (pertumbuhan sel yang tidak normal pada rahim), dan esophageal reflux (asam lambung).

Mulai dari pukul 3:00 hingga 5:00, energi bersirkulasi melalui meridian paru-paru. Oleh karena itu, memiliki tidur yang lelap selama ini juga sangat penting. Paru-paru, dalam pengobatan Tiongkok, bertanggungjawab untuk bernapas dan menyebarkan qi dan oksigen ke seluruh tubuh. Mereka juga membantu mengatur metabolisme air, dan terhubung dengan fungsi usus besar.

Energi paru-paru membuat orang secara fisik kuat dan sangat sensitif terhadap kesedihan dan duka. Bagi orang yang sering mengalami infeksi pernapasan atas, alergi, kehilangan dan kesedihan, masalah kulit, dan sering buang air kecil atau buang air besar yang tidak normal, penting untuk memiliki kualitas tidur lelap saat ini. (Epochtimes/Ajg/Yant)

Tamat

Dr. Yang adalah seorang dokter, psikiater bersertifikat, dan ahli internasional tentang ragam klasik pengobatan tradisional Tiongkok.

Share

Video Popular