Melansir laman “Huffington Post”, Rabu (18/1/2017),  Profesor Kelly Purui Heng mengabadikan pemandangan unik berupa kawanan ikan yang membeku di udara di sebuah Taman alam Dakota Selatan, Amerika Serikat.

Kawanan ikan yang seakan-akan di bekukan oleh es di udara ketika melompat ke permukaan. Pemandangan yang unik ini diambil di Lake Andean City Natural Park, AS.

Menurut Kelly, fenomena ini disebabkan kurangnya oksigen di danau tersebut. Ketika permukaan danau diselimuti lapisan es yang tebal, terutama ketika tertutup salju, menyebabkan sinar matahari sulit mencapai di bawah air. Akibatnya tanaman air dan ganggang menjadi sulit untuk fotosintesis, sehingga kadar oksigen dalam air berkurang.

Selain itu juga mengauskan oksigen saat ganggang dan tanaman mati, membuat kadar oksigen semakin rendah di dalam air. Imbasnya ikan-ikan yang ada di sana mati karena kekurangan oksigen.

Spektakuler! Kawanan ikan yang membeku di “udara.” (Internet)

Tapi, Kelly tidak bisa memastikan, bagaimana prosesnya kawanan ikan itu hingga diselimuti es dan membeku di “udara.”

Kelly menduga, bangkai-bangkai ikan mengapung ke permukaan, kemudian seiring dengan turunnya suhu, membuat lapisan es di permukaan danau tergulung oleh angin menuju pantai, sehingga membentuk tembok es seperti itu.

Tapi tidak tertutup kemungkinan disebabkan oleh angin kencang sehingga menumpuk ikan-ikan itu dan membeku di udara. Ikan-ikan beku itu juga menarik kawanan burung, yang ingin menikmati makan siangnya. (Secretchina/Chen Gang/joni/rmat)

Share

Video Popular