Apakah tinggal di kamar berantakan akan menumbuhkan hormon lemak? Menurut penelitian, tinggal di dalam kamar yang kotor, akan membuat orang merasa tertekan secara visual dan mental, dan akan menghasilkan sesuatu yang disebut zat kortisol.

Hormon ini disekresikan oleh kelenjar adrenal, ia memainkan peran penting dalam mengatasi stres, juga dikenal sebagai “hormon stres”, ia dapat secara efektif meningkatkan nafsu makan, jadi jika kelebihan sekresi, membuat orang ingin makan terus, dengan sendirinya lambat laun akan meningkatkan penumpukan lemak.

Selain itu, membenahi kamar, atau meletakkan kembali barang-barang yang telah dipergunakan pada tempat asalnya, aktivitas itu sendiri juga merupakan sejenis olahraga. Jika barang yang telah digunakan diletakkan secara asal-asalan, otomatis tubuh jadi kurang gerak, maka menjadi gemuk sudah tak terelakkan.

Dari tingkat kesadaran, orang yang tidak bisa merapikan kamarnya biasanya tidak mengetahui mereka memiliki apa saja, jika lalai, akan menimbun banyak barang yang sama. Sama halnya ketika makan, tidak jelas berapa banyak kalori dan gizi yang dibutuhkan tubuh, maka begitu lalai, akan melahap tanpa kendali.

Mengapa membersihkan kamar dapat menurunkan berat badan?

Tidak membersihkan kamar, tubuh dapat menjadi gemuk, sebaliknya dengan orang yang suka membersihkan kamarnya, biasanya akan sukses dalam menghilangkan lemak. Ruangan bersih dan rapi, membuat orang akan merasakan semangat yang relaks, kondisi fisik pun akan lebih baik, akumulasi lemak pun akan terkurangi.

Selain itu, sewaktu membersihkan kamar, akan membuat rencana menyeluruh, “Barang-barang ini seharusnya ditempatkan di sini, barang-barang itu seharusnya diletakkan di sana, dan barang-barang mana saja yang sudah tidak diperlukan, bisa dibuang…” Proses pengklasifikasian berdasarkan pemisahan macam barang seperti itu dapat membantu orang mengembangkan kebiasaan “mengambil-merelakan” seperti itu. Sama halnya ketika makan, Anda juga bisa mengucapkan selamat tinggal kepada konsepsi “penyakit sulit memilih” yakni: “Kue-kue itu lezat semuanya, tidak kuasa memilih, pilih saja semuanya dengan mengambil masing-masing satu”.

Kiat membenahi kamar

Jika kamar Anda sedikit kacau, selalu merasa bahwa setiap kali Anda ingin mengatur tapi tidak tahu harus memulai darimana, mungkin diawali dengan bayangkanlah sebuah “ruang yang ideal”. Misalnya, “Jika seorang teman datang bermain, aku berharap kamarku harus begini” atau “Aku ingin menyediakan sebuah kamar yang dapat digunakan sebagai ruang kebugaran”, dan seterusnya.

Setelah itu, Anda dapat mengikuti denah ideal untuk mengaturnya, setiap hari cukup membersihkan satu sudut sudah cukup. Harus memilah barang menjadi “yang digunakan sehari-hari”, “sering digunakan”, “jarang digunakan” dan “tidak digunakan lagi”, untuk jenis yang terakhir harus memiliki keberanian untuk menyingkirkannya.

Menurut ahli pengaturan rumah, kiat membersihkan rumah sebenarnya sangat sederhana, yaitu memiliki keberanian untuk menyingkirkan barang-barang yang sudah tidak berguna, dan bahkan untuk barang yang digunakan setiap hari, juga harus memiliki tempat yang tetap untuk penyimpanan, tidak boleh sembarangan meletakkannya. (Epochtimes/Hui/Yant)

Share

Video Popular