JAKARTA – Pantauan BMKG menyebutkan bahwa pada Minggu (22/1/2017) pukul 11.30.24 WIB terjadi gempa bumi berkekuatan Mw 7,9 di Kepulauan Solomon yang berada di Pasifik Barat Daya. Epicenter terletak pada koordinat 6,11 LS 155,18 BT dengan kedalaman hiposenter 163 km.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Mochammad Riyadi mengatakan Pacific Tsunami Warning Center (PTWC) yang berpusat di Hawaii memberikan informasi bahwa gempabumi ini berpotensi tsunami yang kemungkinan berdampak menimbulkan tsunami lokal di sekitar wilayah Kieta, Amun, Rabaul (Papua New Guinea) dan Panggoe, Falamae dan Ghatere (Kepulauan Solomon).

Menurut Riyadi, berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempabumi tersebut juga berpotensi menimbulkan ancaman tsunami lokal di sekitar pusat gempabumi, tetapi tidak berdampak di wilayah Indonesia.

“Oleh karena itu, kepada masyarakat pesisir di wilayah Indonesia supaya tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan,” kata Riyadi dalam pesan tertulisnya. (asr)

 

Share

Video Popular