Apakah ada sesuatu yang tidak sanggup diatasi oleh meditasi? Manfaat meditasi adalah luas, dari membuat kita lebih baik dan lebih bahagia hingga meningkatkan kesehatan fisik secara keseluruhan. Psikiater Judson Brewer menambahkan manfaat meditasi yang lain: membantu pasiennya melepaskan kebiasaan buruk, seperti merokok, yang merugikan kesehatan.

Brewer menjelaskan bahwa kebiasaan buruk terjadi karena kita cenderung mengisi kebutuhan emosional, dan ketika kita belajar mengatasinya, maka kita dapat memutus siklus kecanduan kebiasaan buruk tersebut.

Siklus emosional kecanduan adalah sesuatu yang saya pernah alami. Saya merokok selama sekitar 12 tahun, dan seperti kebanyakan perokok, saya mencoba berhenti merokok berkali-kali. Berhenti merokok tidak menyenangkan, tetapi keinginan emosional untuk rokok itulah yang membuat saya, dan membuat jutaan perokok lainnya, untuk kembali merokok.

Sekitar 15 tahun yang lalu, saya menderita bronkitis yang sangat parah sehingga saya tidak dapat bangun dari tempat tidur selama tiga hari. Setelah kasus tersebut, merokok bagi saya menjadi pengalaman yang berbeda yaitu menjadi tidak menyenangkan dan mengingatkan saya betapa buruknya saya terbaring di tempat tidur. Citarasa rokok di mulut membuat saya menjadi mual dan bau rokok membuat saya batuk.

Brewer meneliti bagaimana manusia berevolusi untuk membentuk beberapa kebiasaan buruk yang mengganggu, seperti perasaan saat makan atau merokok. Dia menjelaskan bagaimana berlatih kesadaran membantu kita menghilangkan kebiasaan buruk yang tidak sanggup kita bendung.

Meditasi adalah dasar jenis terapi kesadaran. Dia mengajarkan pasiennya bagaimana melangkah mundur dan menjadi penasaran. Daripada memberitahu seseorang supaya ia tidak makan brownies atau berhenti merokok saat ia merasa sedih, lebih baik memintanya supaya sadar akan perasaan saat melakukan kebiasaan buruk tersebut.

“Kesadaran merokok” sepertinya tidak terdengar cara berhenti merokok, tetapi ketika perokok yang melakukan program praktek kesadaran akan terhubung dengan ritual merokok yang telah lama diabaikannya. Perokok akan melihat gerakan tangannya dan mencium bau rokok pada rambutnya.

Program kesadaran Brewer sangat sukses di mana dia telah meluncurkan sebuah aplikasi berdasarkan teknik ini untuk membantu orang berhenti merokok: “Keinginan untuk Berhenti Merokok”, yaitu program selama 21 hari untuk mendidik dan mendukung perokok berhenti merokok. Dia juga memiliki sebuah aplikasi makan emosional disebut “Makan Tepat Sekarang”.

Daripada memaksa seseorang berhenti merokok, Keinginan untuk Berhenti Merokok akan menyadarkan mengapa otak ingin kita merokok dan bagaimana supaya berhenti merokok. Demikian juga dengan Makan Tepat Sekarang, yang menyadarkan kita mengapa ingin makan kue daripada melarang makan kue. (Epochtimes/Vivi)

Share

Video Popular