YOGYAKARTA – Hujan deras yang mengguyur Yogyakarta dan sekitarnya pada Selasa (24/1/2017) pukul 12.11 WIB menyebabkan sungai-sungai di Kota itu meluap. Hujan deras disertai angin kencang menyebabkan beberapa pohon tumbang disertai terjadinya banjir dan longsor.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas, BNPB, Sutopo Purwo Nugroho meneruskan informasi dari Pusdalops BPBD DIY menyebutkan hujan deras pada siang itu menyebabkan sejumlah pohon-pohon di jalan/kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Universitas Gajah Mada bertumbangan. Banjir juga merendam basemen parkir plaza Ambarukmo Yogyakarta.

Laporan sementara, pohon tumbang menimpa akses jalan di Jalan Timoho UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Tempat parkir dan beberapa sepeda motor di Fakultas Kedokteran Hewan UGM juga menjadi lokasi pohon tumbang. Pohon tumbang lainnya dilaporkan menutup akses jalan di Tambakrejo, sariharjo, Ngaglik Sleman.

Kawasan lainnya yang tertimpa genangan air di pemukiman warga adalah Balirejo, Muja-muju, Umbulharjo kota Yogyakarta.  Longsor juga melanda yang menyebabkan tertutupnya akses jalan di Pagutan,  Purwoharjo, Samigaluh dan Kulonprogo.

“Air menggenangi pemukiman warga, di sebelah utara musium Affandi Jalan Solo. Setinggi lutut dari luapan Sungai Gajah Wong,” tulis Sutopo dalam siaran persnya.

Tak hanya Sungai Gajah Wong,  air juga meluap di Sungai Mambu hingga air meluber di Jalanan.  Sedangkan air sungai Gajah Wong meluap di Sambirejo, Prenggan RT 05 RW 01 Jota Yogyakarta  Banjir juga terjadi di Jalan Batika, Kota Yogyakarta dengan genangan air 20 cm -30 cm dari luapan Sungai Mambu. (asr)

Sungai Gajah Wong di Yogyakarta meluap 24 Januari 2017 (Dokumentasi BNPB)
Jalanan di Yogyakarta yang terendam banjir (dokumentasi BNPB)

Share

Video Popular