JAKARTA – Polda Metro Jaya berhasil membongkar pabrik narkoba di  Green Sedayu Biz Park, Cakung, Jakarta Timur, Jum’at (13/1/2017). Pabrik narkoba ini merupakan milik jaringan narkoba asal Tiongkok. Pada peristiwa ini, petugas menembak mati tiga pelaku karena berusaha melawan petugas.

Pengungkapan ini langsung dikomandoi oleh Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya, Kombes Nico Afinta. Sebelumnya, Tim Polda Mero Jaya bergerak setelah memperoleh informasi dari kepolisian Malaysia soal pengiriman narkoba ke Indonesia melalui Tanjung Perak, Surabaya.

Hasil kerja kepolisian dipimpin oleh AKBP Gembong Yudha berbuah hasil hingga kepada sebuah pabrik di Cakung, Jakarta Timur. Polisi menemukan sebanyak 202.935 pil ekstasi serta sejumlah peralatan untu memproduksi narkoba. Polisi juga menemukan 106,3 kilogram sabu dan 560 butir H5. Sabu yang diseludupkan dari Tiongkok ini disembunyikan dari panel listrik dan ditemukan di lokasi gudang.

Hal demikian diungkap dalam rilis yang langsung dihadiri oleh Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian di lokasi kejadian, Selasa (24/1/2017) pukul 15.00 WIB. Turut memberikan keterangan Kapolda Metro Jaya Irjen Mochamad Iriawan dan sejumlah pejabat tinggi Polda Metro Jaya.

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, memberikan apresiasi kepada Polda Metro Jaya yang berhasil mengungkap jaringan narkoba asal Tiongkok. Pada operasi ini, polisi menangkap sebanyak 8 orang yang merupakan jaringan dari sindikat kejahatan narkoba internasional asal Tiongkok.

“Saya menyampaikan apresiasi tinggi pada Polda Metro Jaya,”  kata Kapolri di lokasi kepada sejumlah wartawan.

Menurut Kapolri, pengungkapan yang dilakukan oleh Polda Metro Jaya merupakan yang terbesar sepanjang tahun ini diatas 100 Kg. Tak hanya di Green Sedayu Biz Park, Cakung, Jakarta, polisi juga mengungkap jaringan narkoba ini yang beroperasi di Ruko Bandengan Utara, Jakarta Utara. (asr)

Share

Video Popular