Jika Anda cukup tidur selama tujuh jam sampai sembilan jam setiap malam, apa masalah ketika Anda tidur lebih dari itu?

Menurut pengobatan Tiongkok , hal tersebut bermasalah.

Selama ribuan tahun, pengobatan Tiongkok telah mengakui irama sirkadian, yang berpusat pada qi (energi vital) dan organ, yang sesuai dengan pasang surut alam.

Jadi ketika kita waktu tidur terlalu larut malam, kita tidak hanya bekerja melawan siklus alami tubuh kita sendiri, namun juga bekerja melawan momentum alam, di mana kita sangat banyak berhubungan dengannya, demikian penjelasan Tsao-Lin Moy, seorang dokter pengobatan Tiongkok yang berbasis di Manhattan, Amerika Serikat. Ketika kita pergi tidur larut malam, kita menghabiskan sangat banyak cadangan energi di dalam tubuh.

“Jika kita pergi tidur larut malam … maka kita melawan pergerakan Bumi. Orang yang memiliki pekerjaan di mana ia harus begadang sepanjang malam cenderung menderita berbagai jenis penyakit,” kata Moy, dalam sebuah email.

Penelitian modern terhadap tidur juga menemukan bahwa waktu tidur adalah penting. Bekerja shift malam telah terbukti menyebabkan seseorang berisiko lebih besar menderita gangguan jantung, masalah perut, kanker payudara, dan masalah selama kehamilan.

Penelitian terhadap flora normal usus juga telah menunjukkan bahwa bakteri usus memiliki irama sirkadian yang menjadi kacau bila kita tetap terjaga sepanjang malam.

Penelitian lain menunjukkan bahwa pergi tidur lebih dini bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Jadi kapan waktu tidur yang optimal untuk pergi tidur?

Pergi tidur pada pukul 22: 00 dan bermimpi pada pukul 23 : 00, kata Moy.

Dalam pengobatan Tiongkok , pukul 23 :00 – 01: 00 dianggap sebagai periode yin yang terkuat sepanjang hari. Yin adalah energi yang lembut, memelihara, dan pasif yang dilestarikan oleh kegelapan dan ketenangan.

Tidur adalah aktivitas yang sangat yin, sehingga tidur selama periode yin ini membantu peremajaan tubuh yang lebih sempurna.

“Puk 23 : 00 – 01:00 adalah waktu di mana kita mendapat tidur yang optimal. Karena kita seirama dengan irama Bumi, maka kualitas tidur kita lebih tinggi,” kata Moy.

Qi dan organ

Dari sudut pandang pengobatan Tiongkok, perjalanan qi ke seluruh tubuh mengikuti sepanjang jalur energik yang disebut meridian. Saat qi berjalan melalui seluruh tubuh, qi berkonsentrasi pada organ yang berbeda selama waktu yang berbeda dalam sehari.

Dari pukul 23 :00 hingga pukul 01 : 00, qi berada di dalam kandung empedu, dan dari pk 01 : 00 hingga pukul 03: 00, qi berada di dalam hati. Maka sangatlah ideal jika Anda tidur selama dua periode ini sehingga memungkinkan kandung empedu dan hati untuk mengisi ulang energi dan mengeluarkan racun dari tubuh (detoksifikasi), demikian menurut dokter pengobatan Tiongkok bernama Jingduan Yang.

“Kandung empedu dan hati berperan penting dalam kesehatan fungsi sistem pada siang hari. Membiarkan kandung empedu dan hati beristirahat dan mengisi energi pada waktu tersebut adalah sangat penting untuk hidup sehat”, tulis Yang dalam bukunya yang berjudul ” Facing East: Ancient Health and Beauty Secrets for the Modern Age”.

Yang juga menganjurkan tidur siang antara pk 11 : 00 sampai pukul 13 : 00, karena qi terkonsentrasi di dalam hati selama waktu ini, dan tidur membantu tubuh cepat sembuh dari stres sehari-hari.

Menyelaraskan dengan alam

Jika Anda sulit tidur, Moy menyarankan memperhatikan cahaya di lingkungan Anda. Banyak dari kita hidup dalam lingkungan yang cukup terang, di mana lampu jalan dan layar yang bercahaya memberi kita terlalu banyak rangsangan. Sebuah ruangan yang gelap dan pijatam yang memutar pada kaki, pergelangan tangan, dan kepala membantu Anda bersantai dan melepaskan ketegangan sebelum tidur.

Yang juga menyarankan tidur lebih banyak di musim dingin untuk menghemat energi dan meningkatkan daya hidup. Rendam kaki dengan air hangat dan meditasi menjelang tidur akan meningkatkan kualitas tidur.(Epochtimes/Vivi)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular