Minnesota Iceman yang dipamerkan dalam pertunjukan sirkus di Amerika dan Kanada pada 1960-an, pernah membuat heboh sesaat. Namun, Iceman yang sebelumnya dikabarkan hilang ini tak lebih dari sebuah replika yang terbuat dari karet lateks.

Minnesota Iceman adalah Bigfoot beku dengan tinggi 182 cm, yang diklaim ditembak mati oleh seorang pria bernama Frank Hansen hutan Minnesota pada 1968.

Oleh Hansen, makhluk raksasa berbulu itu dimasukkan ke dalam balok es. Di dalam peti mati yang didinginkan, kemudian dipamerkan di Amerika dan Kanada pada 1960 dan 1970-an.

Setelah di analisis oleh ahli zoology ketika itu, makhluk misterius ini diduga adalah sejenis makhluk primata. Sementara itu, ada juga yang menuturkan, jika memang “Iceman,” itu eksis, maka hal ini bisa menjadi pembuktian tentang keaslian Bigfoot yang menampakkan diri di Amerika Utara dan Rusia.

Ketika diperiksa seorang peneliti dari Smithsonian Institution, AS, disebutkan bahwa Iceman itu tak lebih dari sebuah boneka yang terbuat dari karet lateks, yan dibuat semirip mungkin dengan persepsi Bigfoot selama ini, dari bentuk tubuh sampai bulu-bulunya.

Minnesota Iceman yang membeku dalam balok es. (Internet)

Pada awal tahun 1970-an, Iceman dan Hansen tiba-tiba menghilang,  belakangan pihak Museum of the Weird menemukan keluarga Hanson, dan membeli Iceman tersebut. Anehnya, perusahaan yang dipercayakan membuat model Iceman mengatakan, tidak pernah melihat jasad-iceman yang sebenarnya.

Minnesota Iceman pertama kali ditemukan di kawasan hutan Minnesota, dan jasadnya diambil dari Hansen, kata Steve Busti, kepala Museum of the Weird, AS.

Menurut penuturan Busti, awalnya Hansen mengatakan makhluk misterius itu ditemukan di Siberia, Rusia, tapi  kemudian meralatnya dengan mengatakan ditemukan di hutan Minnesota.

Sebenarnya, “Iceman” bukan ditemukan di Siberia juga bukan di Minnesota, tetapi di negara bagian Wisconsin, mata makhluk itu tampak mencuat karena panik, dan lengannya juga patah ketika dibunuh. (Secretchina/Ye Yu Huan/joni/rmat)

Share

Video Popular