Anda mungkin pernah melihat atlet yang mengenakan pembalut yang beraneka warna untuk melindungi otot-otot mereka, memakai kawat pelindung pada sendi yang lemah, dan melakukan pijatan untuk mempercepat pemulihan mereka diantara pertandingan.

Masih ingat saat Olimpiade Rio 2016 lalu, yakni permukaan kulit sejumlah atlet dipenuhi oleh sejumlah lingkaran besar berwarna ungu gelap di punggung, kaki, dan lengan. Saat bertanding di kolam renang, perenang Amerika Serikat, Michael Phelps dan banyak dari rekan timnya juga terdapat tanda ini.

Kita juga telah melihat pada sejumlah pesenam. Tanda lingkaran ini menjadi sesuatu yang baru di Olimpiade Rio, namun sebenarnya tanda lingkaran itu berasal dari terapi penyembuhan yang sebenarnya cukup kuno, yang disebut terapi bekam.

Berikut hal yang perlu Anda ketahui tentang bekam:

1. Apakah bekam itu?

Dalam istilah sederhana, terapi bekam adalah aplikasi dari gelas kaca atau cangkir plastik di atas permukaan kulit, di mana berperan sebagai alat penghisap. Idenya adalah, untuk meningkatkan sirkulasi darah dan mempercepat penyembuhan.

2. Andalan pengobatan Tiongkok

Dianggap salah satu andalan dari pengobatan Tiongkok, yang seiring dengan akupunktur dan terapi herbal Tiongkok. Penggunaannya telah berlangsung ribuan tahun, dan dipraktekkan tidak hanya di Tiongkok, tetapi juga Mesir, dan banyak negara di seluruh Asia dan Timur Tengah.

Saat sekarang ini , bekam dapat ditemukan dan digunakan hampir di seluruh dunia. Jika di zaman modern gelas penghisap terbuat dari kaca atau plastik, maka di zaman kuno mereka terbuat dari bambu atau tanduk binatang.

3. Menciptakan alat penghisap (vakum)

Awalnya, vakum diciptakan dengan menyalakan api kecil di dalam gelas sampai semua oksigen habis. Kemudian dengan cepat cangkir ditempatkan pada kulit, metode ini akan menciptakan daya hisap yang kuat (tapi kulit tidak terbakar). Inilah yang disebut bekam api, dan hingga kini masih banyak orang yang melakukan metode bekam ini.

Metode kedua, yang lebih baru untuk menciptakan ruang hampa adalah melalui pompa dan sistem gasket, di mana gelas ditempatkan pada kulit dan udara ditarik keluar dari gelas.

4. Metode

Ada beberapa cara dalam menggunakan terapi bekam. Pertama, gelas hanya ditempatkan pada kulit, hal itu disebut bekam kering. Jika kulit dirajah dengan ujung benda tajam sebelum atau setelah gelas ditempatkan, maka itu dianggap bekam basah.

Gelas yang ditempatkan pada kulit yang telah dilapisi sedikit minyak atau krim pelembab, kemudian digeser bolak-balik (katakanlah di atas otot yang bermasalah) maka ia disebut bekam geser.

5. Mengapa dilakukan?

Ia membantu menggerakkan dan memisahkan fasia yang lengket dan jaringan ikat, membuka pori-pori, mengendurkan otot-otot yang tegang, meningkatkan sirkulasi, dan mendorong penyembuhan.

6. Kondisi yang dapat diatasi dengan bekam

Dapat digunakan untuk berbagai kondisi, terutama nyeri otot dan sesak. Ia juga dapat membantu penderita migrain dan masalah pernapasan, seperti bronkitis atau asma. Dan dari jumlah atlet yang menggunakan bekam, kita dapat melihat bahwa itu cara yang baik untuk meningkatkan sirkulasi darah, menghilangkan rasa letih otot, dan mendukung penyembuhan.

7. Apakah  melukai?

Sebenarnya, bekam bekerja seperti kebalikan dari teknik pijat. gelas yang ditempatkan pada kulit bekerja dengan cara menghisap, sedangkan pemijatan adalah semua tentang menekan. Saya menemukan bahwa, sebagian besar pasien saya meminta untuk dibekam karena terasa membaik dan berefek. Namun, hal ini tergantung di mana gelas itu ditempatkan, dan seberapa ketat daya hisapnya, beberapa orang mungkin menemukan bahwa sensasi daya hisap agak sedikit kuat dan terasa tidak nyaman.

8. Tanda ungu

Salah satu alasan yang membuatnya efektif adalah karena daya hisap yang kuat telah memecahkan pembuluh kapiler kecil di kulit, meninggalkan tanda bulat sempurna yang terlihat seperti memar.

Trauma mikro ini menyebabkan tubuh berusaha menyembuhkan, tidak hanya di pembuluh kapiler namun juga jaringan bawah. Bagaimana tanda gelap ini muncul, tergantung pada kekuatan hisap dan bagaimana kondisi area itu sebelum bekam. Seperti halnya memar, tanda tersebut akan hilang dalam waktu sekitar seminggu.

9. Siapa yang tidak boleh menggunakannya?

Tidak boleh dilakukan pada wanita hamil, orang yang didiagnosis kanker, dekat patah tulang, atau langsung melalui kejang otot. Selain itu, bekam di kontraindikasi pada daerah pembuluh darah besar, maag, atau trombosis vena dalam (DVT, penggumpalan darah besar).

Ada baiknya untuk mengetahui bahwa atlet sekarang memiliki sesuatu yang baru dalam kotak perawatan untuk pemulihan kondisi mereka. Semua tanda ungu gelap yang terlihat dikulit mereka sepertinya tampak inovatif dan mutakhir, tetapi kenyataannya bekam telah ada sekitar beberapa ribu tahun yang lalu.(Epochtimes/Lynn Jaffee/Ajg)

Lynn Jaffee seorang ahli akupunktur dan seorang penulis.

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular