SURABAYA –  Bencana banjir, pohon tumbang, dan longsor karena hujan deras mulai melanda di Jawa Timur. Kondisi tersebut terjadi di Kabupaten Nganjuk, Kota Mojokerto, dan Kabupaten Magetan, Minggu (29/1/2017). Laporan lainnya menyebutkan banjir juga terjadi di kawasan Besuki Utara Pasar Besuki, Kabupaten Situbondo.

“Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jawa Timur Pak Sudarmawan, kontak ke saya, menginfokan adanya banjir di Nganjuk, serta banyaknya pohon tumbang di Mojokerto dan Magetan,” kata Karo Humas dan Protokol Pemprov. Jawa Timur, Benny Sampir Wanto dalam siaran persnya, Minggu.

Di Nganjuk, banjir terjadi di Kec Bagor pukul 13: 15 WIB, Minggu.  Banjir akibat hujan cukup deras dan mengakibatkan tingginya debit air dari sungai Widas. Banjir terjadi di Dusun Sawunggaling, Desa Bagor kulon dimana air sungai meluap ke pemukiman warga di tiga RT, yaitu RT 01, 02 Rw 06  dengan ketinggian air 30 cm.

Sementara pada Minggu siang, akibat angin kencang sebanyak empat pohon tumbang di empat jalan di Kabupaten Mojokerto, yaitu di Jl. Gajah Mada, depan Klenteng Mojosari dan Ds. Menanggal, Mojosari. Pohon juga tumbang di depan  SMK Habibi Pungging yang menimpa sebuah bengkel motor.

Banjir juga merendam puluhan rumah di Kabupaten Situbondo hingga  ketinggian  mencapai 80 cm. Banjir akibat luapan Sungai Jumain di Desa Besuki dan merendam puluhan rumah di tiga dusun milik warga.

Sedangkan  di Kelurahan Sarangan Plaosan, Magetan, angin kencang yang mengakibatkan robohnya beberapa pohon sempat menimpa rumah warga-walaupun tidak mengakibatkan korban jiwa. Warga dan tim Pemda setempat bekerjasama menyingiran pohon-pohon bertumbangan hingga akhirnya dapat dilalui kembali.

“Kondisi alam seperti ini diperkirakan sampai dengan Maret, untuk itu masyarakat agar lebih berhati-hati, dan meningkatkannkewaspadaan ketika hujan datang,” pinta Benny.

BPBD Jawa Timur, lanjutnya, telah mengantisipasi kemungkinan terjadinya dampak ekstrem cuaca, dengan berbagai kegiatan. Diantaranya, melakukan kegiatan-kegiatan pencegahan dan kesiapsiagaan bencana, termasuk simulasi bencana. (asr)

 

Share

Video Popular