Buang gas atau kentut, bisa menjadi pokok persoalan yang membuat kita malu, namun semua itu tidak terhindarkan pada setiap orang. Bayangkan Anda berada di tengah pesta dan Anda tidak dapat mengontrol kentut Anda, itu bisa membuat Anda canggung, terutama jika baunya sangat tajam!

Buang gas atau kentut dalam jumlah tertentu dan bau normal adalah tanda orang yang sehat. Namun, ketika kentut Anda bau sangat kuat dan tajam, itu bisa menjadi tanda dari kebiasaan gaya hidup yang buruk atau penyakit.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa kentut Anda bau busuk!

  1. Intoleransi susu

Intolrensi susu Juga dikenal sebagai intoleransi laktosa (ketidakmampuan seseorang untuk mencerna laktosa), Kondisi ini dapat mengganggu proses pencernaan normal seseorang , sehingga ketika mengonsumsi produk susu dapat membuat tubuh menghasilkan gas( kentut) yang bau.

2. Protein yang berlebihan

Ketika Anda mengonsumsi terlalu banyak makanan kaya protein, semuanya tidak dapat dicerna dalam usus Anda, sehingga meninggalkan residu, pada akhirnya akan menghasilkan kentut yang bau.

3. Sayuran silangan

Tubuh manusia tidak memiliki enzim yang dibutuhkan untuk memecah raffinose ( zat terdapat dalam sayuran seperti brokoli), sehingga, ketika Anda mengonsumsinya secara berlebihan, dapat menyebabkan masalah pencernaan dan kentut bau.

4. Intoleransi gluten

Jika Anda alergi terhadap gluten, yang terdapat dalam produk gandum tertentu, sekali lagi, proses pencernaan Anda akan melambat, yang menyebabkan kentut bau.

5. Sindrom iritasi usus besar

ini adalah penyakit pencernaan, yang disebabkan oleh peradangan pada usus dan salah satu gejala dari sindrom iritasi usus besar adalah pembuangan gas yang bau.

6. Whey

Jika Anda adalah seseorang yang gemar ke gym dan ingin membangun otot dan Anda mengambil suplemen whey, maka ada kemungkinan bahwa kentut Anda bisa tercium bauk, karena whey mengandung tinggi protein!(Anai)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular