Menurut penelitian, nyeri osteoartritis yang terkait dengan kelelahan dapat diatasi dengan memperbaiki kualitas tidur. Osteoartritis dapat menyebabkan kelelahan karena mengakibatkan si penderita terjaga dari tidurnya di malam hari. sehingga si penderita mengantuk di pagi hari dan merasa lelah sepanjang hari, akibat tidur tidak nyenyak selama beberapa malam.

Diperkirakan bahwa hampir setengah penderita osteoartritis menderita sulit tidur atau tidur tidak nyenyak. Rata-rata insomnia dan kelelahan di siang hari jauh lebih tinggi pada penderita osteoartritis dibandingkan dengan orang yang tidak menderita penyakit nyeri sendi.

Osteoartritis adalah penyakit sendi yang memengaruhi tulang rawan (kartilago). Tulang rawan terdapat diantara tulang dan sendi dan berfungsi sebagai bantalan. Tulang rawan yang sehat berarti tulang dengan mudah meluncur dan pergerakan tulang tidak mengakibatkan nyeri. Ketika osteoartritis terjadi, maka gerakan menjadi kaku dan mengakibatkan nyeri, dan gerakan yang terus-menerus menyebabkan nyeri. Nyeri inilah yang dirasakan oleh penderita di malam hari.

Pengaruh nyeri steoartritis terhadap tubuh

Osteoartritis dapat terjadi di dalam tubuh tempat adanya tulang rawan. Berikut adalah bagaimana nyeri osteoartritis mempengaruhi bagian tubuh yang berbeda.

LututNyeri osteoartritis pada lutut adalah nyeri osteoartritis yang paling sering terjadi, seringkali nyeri terasa saat berjalan naik dan turun tangga dan nyeri semakin bertambah parah sepanjang hari. Berkurangnya berat badan akan mengurangi nyeri osteoartritis karena berkurangnya tekanan pada lutut. Misalnya, dengan berkurangnya berat badan sebanyak 5 kilogram maka akan mengurangi beban 15 kilogram hingga 30 kilogram pada lutut.

Pinggul

Sepertiga penderita osteoartritis merasakan nyeri di pinggul. Menaiki anak tangga akan memperburuk nyeri pinggul, namun dengan istirahat akan membantu meredakannya. Menurunkan berat badan dan tidak menggerakkan pinggul secara berlebihan adalah dua cara untuk mengurangi nyeri pinggul akibat osteoartritis.

Tangan

Sepuluh persen penderita osteoartritis akan mengalami nyeri pada tangan. Nyeri pada tangan sering terjadi pada penderita osteoartritis yang menggerakkan tangannya berulang-ulang seperti menulis atau memainkan alat musik. Untuk mengurangi nyeri pada tangan, gunakan alat bantu, seperti pembuka kaleng atau menambah penarik ritsleting.

Leher dan tulang belakang

Pada orang usia lanjut, nyeri akibat osteoartritis pada leher dan tulang belakang semakin parah seiring dengan meningkatnya gerakan. Tulang yang terkena osteoartritis dapat menekan saraf, sehingga menyebabkan kelemahan atau nyeri tambahan di daerah lain.

Perlu dilakukan perubahan gaya hidup untuk meringankan nyeri leher dan tulang belakang, seperti duduk dengan benar dan tidak menggerakkan sendi secara berlebihan. Obat juga membantu meringankan nyeri osteoartritis pada leher dan tulang belakang.

Bagaimana osteoartritis mengganggu tidur dan mengakibatkan kelelahan

Nyeri mengakibatkan penderita menjadi sulit tidur. Nyeri adalah alasan utama penyebab kelelahan, tetapi penelitian menemukan nyeri mengakibatkan hal yang jauh lebih buruk. Insomnia dan osteoartritis terbukti selalu terjadi bersamaan, tidak begitu menyolok yang satu lebih dominan daripada yang lain.

Dalam penelitian pada tahun 2012 yang diterbitkan di Sleep, peneliti menemukan dua hal:

1. Nyeri menjelang tidur memiliki sedikit hubungan dengan seberapa nyenyak tidur si penderita.

2. Kualitas tidur berhubungan dengan keparahan nyeri hari berikutnya. Kualitas tidur yang buruk berhubungan dengan nyeri yang lebih parah pada hari berikutnya.

Bagaimana insomnia memicu nyeri sendi? Peneliti percaya bahwa insomnia menciptakan jalur peradangan yang memperburuk osteoartritis. Selanjutnya, kualitas tidur yang buruk mengakibatkan si penderita lebih peka terhadap nyeri.

Penderita osteoartritis sangat menderita akibat nyeri dan kualitas tidur yang buruk, yang terbukti mempengaruhi pasangan yang tidur satu ranjang dengan si penderita.

Setelah mempelajari pasangan tidur dari 138 penderita osteoartritis, peneliti menemukan pasangan tidur penderita osteoartritis merasa kurang segar di pagi hari. Selain itu, semakin dekat hubungan pasangan tidur dengan penderita osteoartritis, maka akan semakin memperburuk perasaan pasangan tidur tersebut, karena peneliti mempercayai hal tersebut akibat si pasangan merasa lebih empati terhadap penderita osteoartritis.

Kualitas tidur yang baik adalah obat alami untuk meredakan kelelahan akibat osteoartritis

Solusi yang tepat untuk osteoartritis adalah lebih banyak tidur, tetapi jika nyeri mengakibatkan penderita osteoartritis terjaga dari tidurnya, maka bagaimana penderita osteoartritis diharapkan supaya lebih baik tidur?

Percaya atau tidak, kualitas tidur yang baik di malam yang baik dapat dialami oleh penderita osteoartritis yang menderita nyeri. Berikut adalah beberapa tips yang efektif untuk meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi nyeri osteoartritis.

• Jangan makan makanan hingga kenyang menjelang tidur – aktivitas mencerna makanan menyedot konsentrasi menjelang tidur.

• Pastikan suhu ruang tidur adalah nyaman dan sejuk – suhu ruang tidur yang terlalu panas atau terlalu dingin membuat seseorang sulit tidur.

• Berolahraga sepanjang minggu namun tidak menjelang tidur – olahraga mengurangi stres.

• Tempat tidur hanya digunakan untuk tidur – membuat otak menghubungkan tempat tidur dengan tidur sehingga otak akan memberi sinyal untuk beristirahat.

• Hindari menonton televisi atau menggunakan teknologi menjelang tidur karena akan membuat seseorang terjaga dan waspada.

• Pastikan ruang tidur adalah gelap; cahaya dapat mencegah tidur.

• Hindari alkohol, minuman yang mengandung kafein atau minuman yang berenergi lainnya menjelang tidur.

• Carilah terapi perilaku kognitif jika masih tetap sulit tidur – satu penelitian menunjukkan seseorang yang melakukan terapi perilaku kognitif, kurang mengalami insomnia dan kualitas tidurnya meningkat.

Meredakan nyeri osteoartritis

Selain istirahat malam yang baik, ada cara lain untuk meredakan nyeri osteoartritis. Berikut adalah beberapa tips untuk meredakan nyeri osteoartritis.

• Menurunkan berat badan – seperti yang telah dijelaskan, sendi menerima beban berat badan, sehingga dengan mengurangi kelebihan berat badan dapat mengurangi beban dan mengurangi nyeri.

• Berolahraga – meskipun osteoartritis menyebabkan nyeri, berolahraga masih tetap penting untuk memperkuat otot. Coba kegiatan seperti aerobik air, yang memiliki sedikit dampak terhadap sendi.

• Gunakan kompres panas dan dingin – menggerakkan sendi sepanjang hari dapat menyebabkan peradangan. Kompres panas dan dingin mengurangi peradangan dan meredakan pegal pada otot.

• Minum obat – obat yang dijual bebas di pasaran umumnya aman diminum saat nyeri sangat parah. Namun berhati-hatilah karena minum obat tersebut secara berlebihan mengakibatkan masalah ginjal dan hati.

• Gunakan alat bantu penguat dan pembidaian anggota gerak tubuh, dan terapi fisik – menghilangkan tekanan atau beban pada sendi dan membuat sendi tidak dapat bergerak akan meredakan nyeri osteoartritis. Terapi fisik mengajarkan cara menggunakan sendi secara efektif untuk mengurangi nyeri.

• Pembedahan -jika teknik alami tidak lagi bekerja, dokter mungkin menyarankan operasi. Operasi yang dilakukan untuk menyelaraskan sendi, menyatukan tulang atau mengganti seluruh sendi.

Osteoartritis terjadi seumur hidup, sehingga semakin Anda mendidik diri sendiri, maka hidup Anda akan semakin baik. Konsultasi dengan dokter jika Anda khawatir mengenai osteoartritis atau ingin secara sadar memilih pengobatan yang tersedia.( belmarrahealth.com/ Bel Marra/Vivi)

Share

Video Popular