Kisah soal kesetiaan seekor anjing kepada majikannya seakan tak pernah habis diceritakan. Baru-baru ini kisah serupa kembali terjadi di Turki. Anjing ini tetap setia meski tuannya telah meninggal dunia, setiap hari pergi ke makamnya. Tampak dalam gambar di atas pemandangan yang mengharukan.

Minggu lalu, Mehmet Ilhan, tuan dari Cesur, nama Anjing itu, meninggal dunia di rumah sakit dalam usia 79 tahun. Sebelumnya Mehmet Ilhan memang menderita sakit menahun yang membuat anggota tubuhnya lumpuh.

Selama dua tahun terakhir dalam hidupnya, Cesur, anjing mungil Mehmet ini selalu dengan setia menemaminya hingga akhir hayat.

“Karena ayah saya lumpuh, sehingga hubungan mereka terlihat sangat berbeda,” kata Ali Ilhan, putra Mehmet.

Menurutnya  selama beberapa hari terakhir sejak ayahnya dirawat di rumah sakit, Cesur berhenti makan.

Ketika jenazah Ilhan dibawa pulang, Cesur anjing setianya itu selalu menemaninya, tidak mau bergerak sedikit pun. Ketika rombongan pengantar hendak membawa jenazah Mehmet ke sebuah masjid di distrik Ohraneli, Bursa, Cesur bersikeras ikut mengantar dan berjalan di depan.

Erabaru.net, mencatat, selama prosesi pemakaman, Cesur mengikuti semua prosesi hingga selesai. Cesur duduk diam dengan sedih sambil menundukkan kepalanya di bawah peti jenazah Mehmet.

Setelah tuannya dimakamkan, Cesur dengan setianya setiap hari mengunjungi makam sang tuan.

“Selama bertahun-tahun Ayah saya menderita lumpuh, dan memelihara Cesur yang masih kecil ketika itu untuk menemaninya, semasa hidupnya, ia merawat Cesur dengan baik, hingga menumbuhkan perasaan yang kental di antara mereka. Cesur selalu dengan setia mengunjungi makam ayah setiap hari, mungkin karena terlalu merindukan tuannya yang telah tiada,” cerita Ali. (Epochtimes/Ming Shu-ge/joni/rmat)

Share

Video Popular