Orang selalu terus mencari cara lebih baik untuk meningkatkan kesehatan mereka dengan tanpa membutuhkan terlalu banyak komitmen waktu, uang, ataupun usaha. Saya menentang pendapat bahwa siapa pun yang ingin menikmati kesehatan perlu menginvestasikan waktu dan uang ke dalam proses tersebut. Sebenarnya ada banyak cara berbeda yang dapat Anda lakukan dengan sedikit atau tanpa investasi ataupun usaha.

Beberapa cara merawat kesehatan dengan biaya rendah termasuk diantaranya aktivitas berjemur di bawah sinar Matahari pagi, membumi (grounding), dan bermeditasi. Ketiga kegiatan ini dapat memiliki efek yang mendalam pada kesehatan Anda.

Kegiatan lain yang tidak memerlukan upaya keras adalah mandi air pancuran hidroterapi panas dan dingin, yang dilakukan secara bergantian antara air panas dan dingin. Praktek kuno ini mendapat dukungan dari penggemar kesehatan sebagai cara yang penting dalam meningkatkan kegembiraan, dan hanya memakan waktu kurang dari 15 menit saja.

Manfaat kesehatan hidroterapi panas dan dingin

Mengapa Anda dianjurkan melakukan apa yang bisa digambarkan sebagai praktek sadis ini? Ternyata ada banyak alasannya, dan mungkin Anda mulai menikmatinya saat merasakan manfaat berikut ini.

Meningkatkan sirkulasi: Air panas meningkatkan aliran darah ke permukaan tubuh dan air dingin mendorong darah ke inti tubuh. Proses yang “mirip alat musik akordeon” ini, dapat meningkatkan aliran darah dan mempercepat sirkulasi, membawa darah yang segar beroksigen dan bernutrisi kepada organ dan kelenjar serta menghilangkan racun dan patogen.

Mengurangi nyeri otot: Efek panas dan dingin dapat menyebabkan otot-otot memperluas diri dan bersinggungan, hal ini dapat membuat efek detoksifikasi lembut seperti memeras racun dari otot-otot Anda.

Peningkatan aliran limfatik: air panas dan dingin merangsang sistem limfatik dengan menyebabkan otot menjadi rileks dan berkontraksi saat bereaksi terhadap air panas maupun dingin secara bergantian. Hal ini menciptakan aktivitas “pompa” yang membantu memindahkan cairan limfatik, yang dapat menjadi stagnan dalam sistem. Proses ini dapat mengurangi penumpukan cairan dan meringankan peradangan, serta memungkinkan sistem kekebalan tubuh untuk menyerang patogen asing dalam cairan. Selain itu, ketika sirkulasi dan detoksifikasi ditingkatkan, pertumbuhan kanker bisa dipecahkan dan lebih mudah mengeluarkannya dari tubuh.

Meningkatkan suasana hati dan fokus: Ketika tubuh Anda terkena dingin, tubuh akan meningkatkan produksi norepinephrine, suatu hormon dan neurotransmitter yang memengaruhi fokus dan perhatian. Paparan dingin juga meningkatkan suasana hati dan meredakan rasa sakit, sebagian dikarenakan menurunnya peradangan.

Karena manfaat terhadap kesehatan ini, orang mungkin juga akan merasakan dorongan energi karena racun dibersihkan, sirkulasi meningkat, serta meningkatkan suasana hati dan fungsi kognitif. Ini membuat mandi air pancuran panas dan dingin menjadi cara yang bagus untuk memulai hari.

Sebelum mengawalinya

Pertama, kebersihan air adalah sangat penting ketika melakukan mandi air panas dan dingin, jadi pastikan telah memiliki sistem filtrasi di tempat untuk memurnikan air mandi, jika diperlukan.

Kedua, agar mendapatkan manfaat lebih dari rutinitas mandi air pancuran panas dan dingin, cobalah untuk menggosok kulit dengan menggunakan sikat kulit bulu alami. Lakukan ini sebelum Anda mengawali rutinitas mandi air pancuran panas dan dingin untuk mendapat manfaat tambahan.

Terakhir, mandi air pancuran panas dan dingin umumnya aman, jika Anda memiliki semacam kondisi medis, diskusikan hal ini sebelumnya dengan dokter. Karena panas dan dingin akan memberikan tekanan pada jantung dan sistem kardiovaskular, jadi mungkin tidak dianjurkan bagi mereka yang memiliki kondisi jantung yang serius. Dengarkan tubuh Anda, dan cobalah perlahan – lahan dahulu pada pergantian panas dan dingin yang dapat Anda toleransi, lalu kembangkan menjadi rutinitas sepenuh, jika diperlukan.

Rutinitas mandi air pancuran panas dan dingin

Saat mandi air pancuran dan basahi tubuh sepenuhnya pada suhu yang benar-benar nyaman bagi Anda.

Perlahan-lahan tingkatkan suhu ke titik di mana Anda hampir tidak bisa menahannya. Basahi semua area tubuh pada air yang lebih panas ini, termasuk bagian atas kepala dan wajah Anda. Lakukan ini selama minimal 30 detik dan sampai dua menit untuk efek yang lebih banyak.

Sekarang, ubahlah air pada pengaturan terdingin yang dapat ditoleransi, dan basahi semua area tubuh pada air dingin ini. Lakukan selama minimal 30 detik dan sampai dua menit untuk efek yang lebih besar.

Ulangi paparan panas dan dingin ini sebanyak lima kali atau lebih, selalu berakhir dengan air dingin.

Pada awalnya, toleransi panas dan dingin Anda mungkin minimal, dan penting untuk menjaga ekstrem Anda di awal. Namun, Anda harus berusaha meningkatkan suhu menjadi lebih panas dan lebih dingin untuk meningkatkan toleransi dan manfaat kesehatan dari rutinitas tersebut. (Epochtimes/ Derek Henry /Ajg/Yant)

Derek Henry adalah pelatih kesehatan holistik di Healing the Body (HealingTheBody.ca).

Share

Video Popular