Bertambah tua adalah kodrat, namun makanan yang kita makan dan gaya hidup berperan penting dalam penampilan dan perasaan kita! Penuaan tidak selalu berarti menjadi sakit atau merasa lebih buruk — jika kita memerhatikan beberapa faktor kunci dan membuat beberapa perubahan penting, kita dapat panjang umur dengan kesehatan dan perasaan yang seoptimal mungkin.

Berikut adalah beberapa cara untuk menjaga diri Anda tetap sehat dan energik — sekaligus mengurangi risiko penyakit kronis — pada usia berapa pun:

Banyak minum air

Minum air yang cukup adalah hal terpenting yang dapat Anda lakukan supaya kulit tampak muda, cerah dan bercahaya — serta mempertahankan semua sistem di dalam tubuh untuk berfungsi secara optimal. Kulit yang kering dan dehidrasi (kekurangan cairan tubuh) tampak lebih tua dan lebih kusam, dan karena kulit merupakan cerminan apa yang terjadi di dalam tubuh, maka semakin banyak air yang kita minum maka kulit akan tampak cukup cairan.

Untuk menjaga tubuh Anda sehat dan cukup cairan, maka minumlah 2-3 liter air setiap hari dan tidak minum minuman yang mengandung kafein dan alkohol, yang akan mengakibatkan kulit menjadi sangat kering.

Berolahraga secara teratur

Penelitian menunjukkan bahwa berolahraga secara teratur mengurangi kesempatan untuk menderita penyakit kronis, depresi dan penurunan fungsi kognitif, serta menjaga kulit terlihat lebih muda. Olahraga dapat mengurangi peradangan di dalam tubuh sehingga sistem kekebalan tubuh tetap kuat untuk melawan penyakit saat usia bertambah. Lakukan sesuatu yang membuat Anda bekerja sampai berkeringat guna melepaskan racun melalui kulit supaya kulit tetap sehat dan bercahaya.

Pastikan Anda melakukan sesuatu yang Anda cintai — sehingga Anda cenderung membuatnya menjadi kebiasaan jangka panjang jika Anda menikmati diri sendiri.

Tidur yang optimal

Kurang tidur, terutama yang berlangsung lama, dapat meningkatkan kecenderungan menderita penyakit yang berkaitan dengan usia. Jika kurang tidur, maka hormon menjadi tidak seimbang dan tekanan darah akan meningkatkan, akan meningkatkan risiko masalah jantung dan stroke. Kurang tidur juga dapat mengganggu sensitivitas insulin, yang meningkatkan risiko diabetes.

Membentuk pola tidur yang rutin dan bangun pada jam yang sama setiap hari adalah hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk membangun kebiasaan tidur yang baik.

Hindari makanan alahan

Makanan olahan mengandung segala macam bahan yang tidak dikenali oleh tubuh, sehingga mengakibatkan peradangan dan sistem kekebalan tubuh yang lemah saat usia bertambah. Peradangan di dalam tubuh adalah inti dari banyak penyakit kronis, kekurangan energi, dan penyakit terkait usia lainnya. Hal-hal seperti minyak sayur olahan, gula halus, pemanis buatan, dan warna/citarasa buatan dapat mendatangkan malapetaka pada tubuh — sehingga makan makanan produk segar akan menjaga tubuh berfungsi secara optimal.

Minum suplemen

Ada sejumlah suplemen yang memperlambat proses penuaan dan membuat Anda merasa muda dan energik – di sini adalah beberapa rekomenadasi:

Minyak ikan – Suplemen minyak ikan kaya akan omega-3 asam lemak esensial EPA dan DHA, yang mencegah penyakit kronis dan peradangan. Minyak ikan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kardiovaskular, kesehatan sendi dan penglihatan; menguatkan kulit, rambut, dan kuku, meningkatkan penyerapan zat gizi, fungsi metabolisme, perhatian, suasana hati dan kemampuan memori.

Glutation – Glutation adalah antioksidan di dalam tubuh, sehingga glutation menjadi salah satu suplemen yang paling kuat untuk memperlambat proses penuaan. Hal ini memainkan peran penting dalam mendukung sistem kekebalan tubuh dan mengeluarkan racun dari tubuh, meminimalkan risiko penyakit kronis.

Asam alfa lipoat -Asam alfa lipoat adalah antioksidan yang kuat serta serbaguna untuk menangkis peradangan, menyeimbangkan gula darah dan melindungi kolagen kulit. Asam alfa lipoat meningkatkan efektivitas antioksidan lain di dalam tubuh, meningkatkan kesehatan saraf, membantu menghilangkan logam berat dari tubuh dan memurnikan hati. Asam alfa lipoat sering digunakan dalam produk perawatan kulit untuk meningkatkan kulit dan memerangi tanda penuaan pada sel.

CoQ10 – CoQ10 adalah antioksidan yang sangat kuat – dapat meningkatkan energi, meningkatkan kardiovaskular dan kesehatan sel, serta melindungi terhadap kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk memerangi tanda penuaan yang khas.(Epochtimes/Vivi/Yant)

Share

Video Popular